Connect with us

RELIGI

Ini Agenda KH Ma’ruf Amin Selama Kunjungan di Kalsel

Diterbitkan

pada

KH Ma’ruf Amin akan mengunjungi Kalsel Foto: net

BANJARBARU, Tokoh Nahdhatul Ulama (NU) sekaligus calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 01 KH Ma’ruf Amin melaksanakan kunjungan selama di Kalsel. Berbagai agenda dilakukan, mulai bertemu sejumlah ulama hingga ziarah ke makam Datu Kalampayan dan Tuan Guru Sekumpul.

Berbagai kegiatan tersebut, mengiringi acara ‘Banua Bertabligh’ yang juga dihadiri oleh KH Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq), Habib Anis Syahab, dan Habib Muhammad Al Habsy pada Jumat (25/1) pukul 20.00 Wita, di Lapangan Besi Kuning, Binuang, Kabupaten Tapin.

Ketua Panitia Banua Bertabligh, H Rudy Ariffin mengatakan, kedatangan mantan ketua MUI di Kalsel akan sangat padat. Sebelum mengisi tausiah di Banua Bertabligh, mantan Rois Am Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) ini akan ziarah ke makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari (Datu Kalampaian) kemudian salat Jumat di Masjid Al-Karomah, dan ziarah ke makam KH Muhammad Zaini bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul) di Martapura.

Selain menghadiri acara Banua Bertabligh juga akan bertemu para alim ulama di 13 kabupaten/kota. “Beliau menyampaikan pesan agar ummat Islam di Kalsel bersatu menjalin kerukunan dan menjaga silaturrahmi,” kata mantan Gubernur Kalsel ini dalam keterangannya.

Selain itu, KH Ma’ruf Amin juga akan menghadiri silaturrahmi PWNU dan PCNU se Kalsel di Hotel Aston sekaligus deklarasi Santri Borneo, Milenial Religius Centre, dan Rumah Kiai Ma’ruf Amin. Termasuk juga nanti akan melakukan ziarah ke sejumlah lokasi.

Usai silaturrahmi di PWNU, KH Ma’ruf Amin juga hadir pada Pelantikan PW ISNU Kalsel dan peringatan Harlah dan Istigosah. Kemudian dilanjutkan hadir pada deklarasi Relawan Pengusaha Muda Nasional (REPNAS) Kalsel.

Setelahnya, beliau juga akan mengunjungi KH Ahmad Zuhdiannoor di rumah pribadinya di Jalan Sungai Jingah dan hadir di pengajian Bustanul Muhibbien yang dipimpin KH M Bakhiet.

Padatnya jadwal kegiatan KH Ma’ruf Amin di Kalsel ini, tentunya oleh panitia sudah dilakukan persiapan matang. Termasuk menyediakan pelayanan kesehatan, berkaitan status beliu saat ini sebagai Cawapres. “Kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak protokoler pendampingan pengamanan calon wakil presiden,” ungkapnya.

Sebelumnya, menyambut kedatangan Cawapres nomor urut 01 KH. Ma’ruf Amin di wilayah Kalimantan Selatan, Polres Banjarbaru menyiapkan kurang lebih 311 personil yang nantinya ditugaskan untuk melakukan pengamanan.

Beberapa persiapan pengamanan pun dilakukan untuk menyambut kedatangan kedatangan KH Ma’ruf Amin yang rencananya tiba di Bandara Syamsudin noor pada Kamis, (24/1). Adapun persiapan yang dilakukan Polres Banjarbaru seperti apel persiapan pengaman di Lapangan voli Banua Dirgantara Auri Syamsuddin Noor, Rabu (23/1) hingga pembagian tugas dengan memakai system Tactical Floor Game (TFG) yang di pimpin Kabag Ops Polres Banjarbaru Kompol Mujiono.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana Jaya, SIK, MH, melalui Kabag Ops Polres Banjarbaru Kompol Mujiono menjelaskan pengaman yang dilakukan nantinya akan di bagi menjadi tiga yakni, pengamanan jalur, pengamanan terbuka dan tertutup.

“Untuk Pam Jalur di fokuskan untuk mengantisipasi lalu lintas saat rombongan Cawapres No Urut 1 KH Ma’ruf Amin melintas nantinya tidak mengalami gangguan. Sedangkan personil yang di tugaskan melaksanakan pengamanan terbuka dan tertutup di fokuskan untuk mengantisipasi gangguan yang sewaktu – waktu bisa terjadi,” ucap Kompol Mujiono.(rico)

Bagikan berita ini!
  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    7
    Shares
-->