Hingga Agustus, Ada 238 Kasus ISPA Balita di Kecamatan Kertak Hanyar - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Hingga Agustus, Ada 238 Kasus ISPA Balita di Kecamatan Kertak Hanyar

Diterbitkan

pada

Kasus ISPA mengalami peningkatan seiring meluasnya kabut asap Foto: Rendy

MARTAPURA, Kabut asap membuat udara Kalsel dalam beberapa pekan terakhir tercemar. Tak terkejuali Kabupaten Banjar. Bahkan jumlah penderita penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) pun mulai mengalami peningkatan cukup signifikan. Baik yang diderita oleh orang dewasa dan balita.

Kasus Ispa sendiri meningkat sejak bulan Januari sampai Agustus, dari jumlah penduduk usia balita sebanyak 3.625, sudah tercatat sebanyak 238 penderita. Begitu menurut pengakuan Kepala UPT Puskesmas Keryak Hanyar, Seger SST, M.Kes. “Kasus penderita Ispa pada balita di Kertak Hanyar dari bulan Januari hingga Agustus 2018 sudah ada sebanyak 238 Kasus,” akunya.

Ditambahkannya juga Kasus penderita Ispa pada balita didata perminggu. Jika dilihat pada awal September hingga pertengahan ini sudah ada tercatat sebanyak 55 kasus. Dari jumlah tersebut ada sebanyak 27 kasus diminggu pertama dan 28 kasus kunjungan balita batuk/kesukaran bernapas di minggu kedua.

Untuk mengurangi jumlah kasus Ispa pihaknya memberikan obat dan pembagian masker dijalan-jalan secara geratis seperti yang dilakukan pada dua minggu yang lewat dibagikan 700 masker kepada warga yang melintas di daerah Kertak Hantar.

“Selain pembagian obat dan masker secara geratis kami juga mengadakan penyuluhan baik secara langsung kemasyarakat melalui posyandu dan poskesmas yang dilakukan oleh tim pengendali didaerah Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar ” pungkasnya. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan