Connect with us

HEADLINE

Hari Bumi 22 April 2022, Lindungi Bumi dari Krisis Iklim Global!

Diterbitkan

pada

Infografis Hari Bumi. Grafis: Rideka/Kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM – Setiap tahun, semua orang di seluruh dunia merayakan Hari Bumi 22 April. Tahun ini, orang-orang di seluruh dunia dan bergabung bersama untuk memperingati Hari Bumi 22 April 2022. Hari Bumi diperingati untuk meningkatkan kesadaran tentang perlindungan lingkungan dan mengakui krisis iklim global yang mengkhawatirkan saat ini.

Hari Bumi dikenal juga sebagai Hari Ibu Pertiwi Internasional, hari istimewa ini berfokus pada meningkatnya kekhawatiran kelebihan populasi, hilangnya keanekaragaman hayati, dan menipisnya kualitas lingkungan.

 

Tema Hari Bumi 2022



 

 

Hari Bumi 22 April 2022 mengambil tema “Invest in Our Planet” atau Investasi di Planet Kita dengan sub tema “Nature in the Race to Zero” atau Alam dalam Perlombaan Menuju Nol.

Kita perlu mencapai nol emisi gas rumah kaca pada pertengahan abad untuk menjaga suhu global di bawah 1,5°C. Sementara fokus utamanya adalah pada pengurangan ketergantungan bahan bakar fosil.

Baca juga: Sentil Emak-Emak Beli Baju Lebaran, Warganet: Emak Banteng Kamu Menggemaskan!

“Bergabunglah bersama kami untuk mempelajari bagaimana solusi berbasis alam dapat membantu kami mewujudkan sepertiga dari pengurangan gas rumah kaca,” tulis organisasi Earth Day.

Inilah saatnya untuk mengubah semuanya -iklim bisnis, iklim politik, dan bagaimana kita mengambil tindakan terhadap iklim.

“Sekaranglah saatnya keberanian yang tak terbendung untuk menjaga dan melindungi kesehatan kita, keluarga kita, mata pencaharian kita…bersama-sama, kita harus Berinvestasi di Planet Kita,” tulis Earth Day.

 

Sejarah Hari Bumi

 

Hari Bumi Sedunia dirayakan untuk pertama kalinya pada tanggal 22 April 1970. Selama konferensi UNSEO pada tahun 1969 di San Fransisco, aktivis perdamaian John McConnell mengusulkan untuk menghormati ibu pertiwi. Namun, Hari Bumi Sedunia sebelumnya diusulkan untuk diadakan pada tanggal 21 Maret 1970, hari pertama musim semi di belahan bumi utara.

Kemudian, Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson mengusulkan untuk mengadakan pencerahan lingkungan nasional pada tanggal 22 April 1970 dan menamainya ‘Hari Bumi’.

Baca juga: Gerakan Cinta Zakat, Membayar Lewat Amil Zakat

Hari Bumi dirayakan setiap tahun untuk meningkatkan kesadaran dan kepekaan terhadap perubahan iklim. Pada peringatan hari bumi akan dibahas secara khusus kesadaran tentang lingkungan hidup di seluruh dunia. Maka Hari Bumi menjadi sebuah kesempatan istimewa untuk membawa jutaan orang untuk saling terhubung dan mendiskusikan masalah seperti polusi, deforestasi, dan banyak lagi. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

<

Paling Banyak Dibaca

-->