Connect with us

Pemprov Kalsel

Gubernur Sahbirin: Pemprov Kalsel Dukung Ponpes Punya Produk Unggulan

Diterbitkan

pada

Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor saat OPOP Expo Kalsel 2022 di lapangan Murdjani Banjarbaru, Kamis (10/8/2022). foto: setwapresri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung penuh program One Pesantren One Product (OPOP) di Kalsel, karena potensi ekonomi dan pemberdayaan secara kelembagaan pondok pesantreen, santri, dan alumni, sangat jelas tercermin dalam program OPOP.

Hal ini disampaikan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor saat pembukaan OPOP Kalsel Expo 2022 di lapangan Dr Murdjani Banjarbaru, Kamis (11/8/2022).

Menurut Gubernur Kalsel, program OPOP ini sangat relevan dan selaras dengan masyarakat Kalsel yang mayoritas muslim, serta memiliki pondok pesantren di 13 kabupaten kota se Kalsel.

Saat ini, sebut Gubernur Kalsel, ada 34 Ponpes di Kalsel yang tergabung dalam OPOP.



 

 

Baca juga: Waspada! Tipu-tipu Berkedok Sumbangan Masjid di Banjarmasin, Bikin Resah, Rekaman Pelaku Diunggah ke TikTok

Masing-masing dikelompokkan ke dalam kluster usaha yang bervariasi, seperti kluster jasa, makanan dan minuman, perdagangan, fashion, kerajinan, perikanan, pertanian dan peternakan.

Paman Birin -biasa disapa- berharap agar OPOP ini dapat mendorong seluruh pesantren di Kalsel menghasilkan produk terbaiknya.

 

Sebelumnya, Wapres KH Ma’ruf Amin mengatakan upaya pemberdayaan ekonomi berbasis pesantren merupakan bentuk dari memenuhi tanggung jawab umat dalam memakmurkan bumi.

Dapat dilakukan dalam bidang ekonomi, seperti industri, pertambangan, perdagangan, maupun pertanian melalui program OPOP.

Oleh karena itu, pesantren harus dapat menjadi offtaker agar program OPOP terus menghasilkan produk-produk terbaik. Khususnya dalam upaya memakmurkan bumi dan mendorong pengembangan sektor ekonomi rakyat.

“Offtaker, membuat produk, membeli, menjual, sehingga proses produksi terus berjalan. Ini saya kira yang ingin kita bangun,” tegas Wapres. (Kanalkalimantan.com/al)

Reporter : al
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->