Gubernur Sahbirin Pelari Ke-20 yang Genggam Obor Asian Games - Kanal Kalimantan
Connect with us

Sport

Gubernur Sahbirin Pelari Ke-20 yang Genggam Obor Asian Games

Diterbitkan

pada

Penyambutan obor Asian Games di Kalsel Foto: Ammar

BANJARMASIN, Penyambutan obor Asian Games di Kalsel berlangsung sangat meriah. Api simbol semangat atlet yang akan bertanding di even olahraga tingkat Asia tersebut melalui sejumlah seremoni begitu tiba di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, hingga menuju Gedung Mahligai Pancasila di Banjarmasin, Senin (30/7).

Sebelumnya obor Asian Games diarak menggunakan mobil kap terbuka oleh Walikota Banjarbaru Nadjmi Adhan, dari Bandara Syamsudin Noor menuju Jl A Yani Km 8 yang diserahkan pada 18 pelari menuju Siring Pierre Tendean. Kadispora Kalsel Zakly Aswan yang menjadi pelari ke-19 di Siring Pasar Terapung, untuk kemudian diseberangkan menggunakan kelotok atau perahu bermesin ke Siring Tugu 0 Km.

Selain diikuti sejumlah atlet dari berbagai cabang olahraga, obor Asian Games 2018 di Banjarmasin juga dibawa oleh artis ibukota Dimas Seto yang juga merupakan pegiat lari marathon. Dimas Seto merupakan pelari ke-18, yang menyerahkan obor kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel Zakly Aswan, sebelum diarak menggunakan perahu.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan sangat bangga, karena berkesempatan membawa lari obor Asian Games 2018. Sahbirin yang juga merupakan pelari ke-20 atau terakhir itu berharap, agar seluruh atlet Indonesia dapat mejadi juara di berbagai cabang olahraga. Mengingat para atlet telah melalui rangkaian latihan, agar dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa ini.

Ia juga menghimbau kepada warga Indonesia khususnya warga Kalimantan Selatan, untuk mendoakan para atlet yang akan bertanding nantinya, agar meraih hasil yang terbaik. turut bahagia juga bahwa kalsel menjadi salah satu kota yang bisa membawa Obor Asian Games yang sangat fenomenal tersebut.

“Saya sangat bangga dan merasa terhormat karena Kalsel bisa berkesempatan mengiring obor sea games dari Banjarbaru menuju Banjarmasin,” katanya.

Ditambahkannya bahwa dirinta menudukung penuh para atlet Indonesia yang akan berlaga dikandang sendiri, dengan harap bisa memborong banyak mendali serta menjadi juara umum dalam Asian games kali ini. “Saya dukung penuh Asian games  dan saya harap bisa mengambil sejumlah mendali emas serta menjadi juara umum,” ungkapnya.

Di sisi lain, Kapolda Kalsel Irjen Rachmat Mulyana mengatakan kesiapan anggota Polri untuk mengamankan kegiatan besar tersebut. Hal ini sudah menjadi arahan Kapolri Tito Karnavian agar menjaga kondusifitas dalam pelaksanaan nanti berlangsung di Palembang dan Jakarta. “Polri siap mengamankan Asian Games tahun ini, ribuan personil telah disiapkan Kapolri untuk pengaman saat Kegiatan berlangsung,” ungkapnya.

Ditambahkannya lagi, untuk satuan lalu lintas dan pengaman pembawaan obor dari Bandara Syamsudin Noor hingga sampai ke Mahligai Pancasila telah disiapkan dari malam sebelum pelaksanaan iring iringan obor Asian Games. “Semua berjalan dengan baik dan terarah.  Yang telah dilakukan satuan gabungan personil Polda Kalsel,” ungkapnya.

Saat ini obor Asian Games berada di depan Gedung Mahligai Pancasila, tepat di depan pintu masuk. (ammar)

Reporter:Ammar
Editor: Cell

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan