Connect with us

Kota Banjarmasin

Festival Kuliner Banjar 2018 Akan Pecahkan Rekor MURI

Diterbitkan

pada

Festival Kuliner Banjar yang dibuka Sekda Hamli Kursani Foto: mario

BANJARMASIN, Festival Kuliner Banjar 2018 kembali dibuka tahun ini. Acara yang digelar di siring dan halaman kantor Walikota Banjarmasin ini dibuka Sekretaris Daerah Hamli Kursani. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 7-9 Desember. Menariknya, akan ada pemecahan rekor MURI di acara ini.

Ada 52 stand makanan yang sudah dipersiapkan. Juga penampilan memasak dari Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI). Besoknya, akan ada pemecahan rekor pembuatan nasi astakona terbesar yang akan dicatat dalam MURI dan peluncuran buku ibu ketua tim penggerak PKK, Siti Wasilah.

Dalam sambutannya, Hamli menyampaikan bahwa kegiatan ini diadakan untuk meninggkatkan kecintaan masyarakat terhadap makanan tradisional. Ia menambahkan bahwa beberapa tahun terakhir ini kabar mengenai makanan khas Banjar masih belum menggembirakan dalam artian masih belum dikenala oleh khalayak luas.

“Semua ini menjadi tugas bersama agar makanan khas Banjar dikenal lebih luas. Agar makanan khas juga bisa bersaing dengan makanan luar negeri,” ungkapnya.

Selain itu pula, sarana ini diharapkan agar bisa digunakan sebaik-baiknya untuk sarana promosi, mengembangkan potensi, dan sekaligus menambah wawasan wisata kuliner khas.

Namun, sejauh mata memandang, hampir sedikit sekali makanan-makanan khas Banjar yang ditampilkan di stand-stand yang ada. Justru lebih banyak ditemui stand-stand dapur hotel yang lebih banyak menyajikan makanan-makanan khas dari daerah lain.

Hal ini pun kembali dijelaskan oleh Hamli. Ia ingin agar makanan tradisional dan modern bisa berkolaborasi. “Kita kan kuliner nusantara, tidak masalah, khas Banjar kita tingkatkan, tidak menutup juga makanan-makanan khas (daerah) lain. Kita tidak menutup (makanan) yang modern. Bersanding lah,” bebernya.

Kepala Dispubdar Banjarmasin, Ehsan El Haque menambahkan bahwa makanan-makanan Banjar akan hadir lebih banyak pada Sabtu (8/12). Karena besok akan ada banyak kegiatan yang salah satunya adalah pemecahan rekor MURI. “Jadi besok lebih 41 wadai akan keluar. Hari ini itu memang partisipasi kawan-kawan hotel,” ungkapnya. (mario)

Reporter: Mario
Editor: Cell

Bagikan berita ini!