Connect with us

Kabupaten Banjar

Empat Desa di Kabupaten Banjar Bakal Dapat 4 BTS Atasi Blank Spot

Diterbitkan

pada

Drs Farid Soufian, Kadis Kominfo Banjar Foto : rendy

MARTAPURA, Dinas Komunikasi Informartika Statistik dan Persandian Kabupaten Banjar akan kurangi kawasan blank spot dengan membangun 4 Base Transceiver Station (BTS) di empat desa di Kabupaten Banjar.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Banjar Drs Farid Soufian kepada Kanal Kalimantan mengatakan, pembangunan 4 BTS di empat desa tersebut akan segera dilaksanakan paling lambat pada Desember 2019 nanti.

“Empat desa yang akan dibangun BTS itu adalah Desa Peramasan Bawah, Desa Peramasan Atas Kecamatan Peramasan serta Desa Kiram dan Desa Rantau Balai yang berada di Kecamatan Karang Intan,” ujarnya..

Lebih jauh Farid mengatakan, titik terang akan dibangunya BTS area blank spot di desa tersebut, semakin diperkuat dengan ada acara design the view meeting yang akan digelar pada 14 November di Jakarta, dengan mengundang seluruh kabupaten/kota se Indonesia.

“Untuk mematangkan itu, pada 14 November besok kita juga diundang ke Jakarta untuk melaksanakan design the view meeting bersama kabupaten/kota lain,” ujarnya.

Dijelasan Farid, dalam pengajuan pembangunan BTS bukan tanpa kendala dalam prosesnya, mengingat tim survey juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti akses jalan untuk menyalurkan bahan pembangunan BTS, titik koordinat yang pas dengan signal sampai dengan ketersediaan listrik di tempat tersebut.

“Dari 20 titik blank spot yang kita ajukan hanya bisa direalisasi sebanyak 4 BTS saja, selain berbagi jatah dengan kabuaten/kota lain, tim dari pusat juga harus mempertimbangkan akses jalan sampai titik koordinat yang pas dengan kriteria yang sudah ditentukan,” jelas Farid.

Sementara itu, sisanya untuk 16 area blank spot lain di Kabupaten Banjar, pihaknya akan terus berusaha mengajukan pembangunan BTS susulan di tahun 2019 yang akan datang. Dengan harapan ke depan seluruh kawasan di Kabupaten Banjar bisa terjangkau jaringan telekomunikasi.

“Kita akan terus berusaha untuk bisa mempasilitasi masyarakat Kabupaten Banjar dengan jaringan komunikasi,” pungkasnya. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!