Connect with us

PILKADA BANJARMASIN

Ditinggal Komisioner Ikuti Putusan MK, Kantor KPU Banjarmasin Dijaga Ketat Polisi

Diterbitkan

pada

Petugas berjaga di kantor KPU Banjarmasin jelang putusan hasil Pilkada 2020 Foto: putra

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Nasib Pilkada Banjarmasin akan ditentukan hari ini, Senin (22/3/2021) melalui palu mahkamah Konstitusi (MK).

Terkait sidang yang berlangsung saat ini, seluruh komisioner KPU Banjarmasin bertolak ke KPU Pusat di Jakarta, untuk mengikuti sidang gugatan yang diajukan paslon Ananda-Mushaffa.

“Sejak hari Minggu (21/3/2021) komisioner sudah pergi ke Jakarta mengikuti persidangan di KPU RI. Besok mungkin sudah ada di kantor,” kata petugas kesekretariatan KPU Kota Banjarmasin kekanalkalimantan.com, Senin (22/3/2021).

Saat ini, pihak keamanan dan juga beberapa staf kesekretariatan menjaga kantor KPU Banjarmasin.



Pantauan Kanalkalimantan.com di lokasi, puluhan personil gabungan nampak siaga. “Sejak Jumat (18/3/2021), 25 Personil Sabhara kita dikerahkan terkait pengamanan jelang pembacaan putusan MK,” ucap Kasat Sabhara Polres Batola Iptu Wihartanto, Senin (22/3/2021).

Diketahui dari laman MK, sidang gugatan Pilkada Banjarmasin teregister dengan nomor perkara 21/PHP.KOT-XIX/2021 dengan agenda pengucapan putusan dari Perselisihan Hasil Pemilihan Wali Kota Kota Banjarmasin Tahun 2020 yang dimohonkan pasangan calon Wali Kota nomor urut 4 Ananda-Mushaffa.

Baca juga : Haji Denny ‘Memanggil’ Masyarakat Jadi Saksi TPS di 7 Kecamatan, Begini Caranya!

Pasangan calon Ananda- Mushaffa menggugat penetapan perolehan suara yang dikeluarkan KPU, yaitu paslon nomor urut 2 Ibnu Sina-Arifin Noor mendapatkan suara sebanyak 90.980, sementara pemohon atau paslon nomor urut 4 Ananda Mushaffa mendulang suara sebesar 74.154 pemilih.

Dalam permintaannya, pemohon meminta sanksi diskualifikasi bagi calon petahan Ibnu Sina-Arifin Noor Noor karena dituding melakukan pelanggaran perupa penyalahgunaan kewenangan dan program pemerintah, dan serta melakukan pemungutan suara ulang yang diikuti tiga pasangan calon. (Kanalkalimantan.com/putra)

 

Reporter : Putra
Editor : Cell

 

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->