Dispersip HSU Gelar Bintek Pengembangan Perpustakaan Sekolah dan Desa - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Dispersip HSU Gelar Bintek Pengembangan Perpustakaan Sekolah dan Desa

Diterbitkan

pada

Bintek pengembangan perpustakaan sekolah oleh Dispersip HSU Foto : dew

AMUNTAI, Sebanyak 50 orang pengelola perpustakaan sekolah dari tingkat SD/MI,SLTP/MTsN hingga perpustakaan desa se-Kabupaten HSU mengikuti Bimbingan Teknologi (Bimtek) pengembangan perpustakaan sekolah berbasis teknologi informasi. Kegiatan ini digelar selama dua hari mulai 3-4 Oktober oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) HSU.

Kegiatan dengan tema ‘Peningkatan Kompetensi Pengelola Perpustakaan dalam Menghadapi Era Teknologi Informasi’ ini dihadiri Kepala Dispersip HSU Hj. Lailatanur Raudah serta pejabat di lingkungan Pemkab. Peserta yang mengikuti Bimtek kali ini berjumlah 50 orang dengan masing-masing peserta dari SD/MI sebanyak 23 orang, SLTP/MTsN sebanyak 23 orang serta dari perpustakaan desa sebanyak 4 orang.

Kepala Dispersip Hj Lailatanur Raudah mengatakan, seiring perkembangan teknologi informasi, perpustakaan sebagai lembaga penyedia informasi harus dapat berkontribusi dalam memberikan pelayanan langsung.

“Perkembangan Ilmu Teknologi itu sendiri sudah sewajarnya dapat diaplikasikan dalam pelayanan perpustakaan agar kemudahan ke efektifan dan kecepatan pemustaka dapat terlayani dengan baik,” jelasnya.

Era kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ditandai berbagai kemudahan. Layanan-layanan elektronik (E-Service) yang semula manual saat ini mengarah menggunakan bantuan perangkat teknologi informasi dan komunikasi, pengguna internet dan website semakin meningkat, Meledaknya informasi dan sosial media, yang terakhir adalah hadirnya generasi netgen (network generation).

“Melalui berbagai macam fitur / aplikasi media elektronik yang sekarang sudah berkembang sedemikian rupa agar dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi, diantaranya kita dapat mengakses melalui jurnal-jurnal elektronik (E-Jurnal) Ipusnas dan I kalsel yaitu aplikasi perpustakaan berbasis digital yang dapat dinikmati dalam genggaman masyarakat,” imbuhnya.

Melalui Bintek ini diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang didapatnya sekaligus mengakses dan mengirimkan data sesuai dengan lembaganya masing-masing. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  • 17
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan