Disperkim LH HSU Gelar Rakor Menuju ‘Gerakan HSU Barasih’ - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Disperkim LH HSU Gelar Rakor Menuju ‘Gerakan HSU Barasih’

Diterbitkan

pada

Disperkim LH HSU gelar rapat kpemetaan paket rencana kebijakan Gerakan HSU Barasih Foto: dew

AMUNTAI, Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar rapat koordinasi pemetaan paket rencana kebijakan Gerakan Hulu Sungai Utara Barasih (Bersih), di aula Disperkim LH, Rabu (15/8).

Rakor kali ini digelar dalam rangka pencapaian terget Hulu Sungai Utara bebas sampah yang melibatkan seluruh stakeholder terkait, baik pemerintah maupun non pemerintah/swasta, serta LSM guna mendukung Gerakan Hulu Sungai Utara Barasih.

Dikatakan Sekretaris Disperkim LH Kabupaten HSU Hermani Johan, Gerakan Hulu Sungai Utara Barasih merupakan implementasi instruksi dari Presiden Republik Indonesia nomor 12 tahun 2016; ada 5 program yang harus dilaksanakan, salah satunya adalah program gerakan bersih.

“Maka dari itu Disperkim LH mengimplementasikan dengan suatu kegiataan mengajak SKPD terkait, dunia usaha/perbankan, dan masyarakat,” ujar Hermani, seraya berharap program gerakan bersih ini kedepannya dapat berjalan dengan baik.

Hal serupa juga diungkapkan Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Disperkim LH Kabupaten HSU Ahmad Rusdani yang menuturkan, tujuan gerakan ini untuk melakukan kesepakatan dengan SKPD terkait maupun dari pihak swasta, berkomitmen bersama mengurangi produksi sampah yang ada di Kabupaten HSU.

“Produksi sampah di Kabupaten Hulu Sungai Utara setiap harinya sekirar 50 ton sampah, sementara yang dapat diangkut hanya sekitar 55% sampah per harinya, karena terkendala kurangnya armada pengangkut sampah dan sumber daya manusia,” kata Rusdani.

Ia menambahkan, kegiatan pemetaan paket rencana kebijakan Gerakan Hulu Sungai Utara Barasih dengan pemerintah maupun non pemerintah merupakan kesepakatan untuk mengurangi produksi sampah, baik di lingkungan kantor pemerintahan, non pemerintahan, maupun rumah-rumah.

“Di setiap instansi nanti juga akan dibentuk bank sampah yang nasabahnya adalah karyawan/karyawati,” pungkasnya. (dew)

Reporter:Dew
Editor: Cell

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan