Dishut Sosialisasi Perhutanan Sosial di Tahura Sultan Adam - Kanal Kalimantan
Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

Dishut Sosialisasi Perhutanan Sosial di Tahura Sultan Adam

Diterbitkan

pada

Sosialisasi perhutanan sosial di Tahura SA Foto: Dishut

BANJARBARU, Sosialisasi Perhutanan Sosial yang difasilitasi Tahura Sultan Adam di Desa Artain dihadiri oleh Kasie Perhutanan Sosial, Kasie Pemanfaatan Tahura SA, KRPH Sungai Luar, Pembakal Desa Artain, Perangkat Desa, KTH, IPPKH dan vendor pelaksana Rehab DAS, penyuluh kehutanan Tahura SA. Materi yang disampaikan, bentuk pemberian akses kelola kawasan kepada masyarakat yang berada dalam kawasan konservasi adalah berupa skema Kemitraan konservasi.

Potensi yang ada di desa artain yang dapat dilakukan kemitraan adalah berupa potensi pemanfaatan hasil hutan bukan kayu (pengelolaan rehab DAS), potensi budidaya tradisional (kebun karet masyarakat) dan potensi jasa lingkungan (wisata alam mandin panayar, wisata alam mandin suliyang, wisata alam riam kamiyang hulu, wisata alam riam lilit, hampatan tegakan pohon ulin dan goa sarang walet).

Tahura SA akan segera melakukan fasilitasi pembenahan KTH yang sudah terbentuk sebanyak 5 KTH, agar dapat memenuhi syarat untuk bermitra dengan pengelola kawasan (Tahura) dalam pengelolaan areal rehab DAS. Untuk pengelolaan jasa lingkungan akan segera difasilitasi pembentukan kelompok pengelola jasa lingkungan, melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu percepatan perhutanan sosial di Kalimantan Selatan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar hutan.(rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan