Connect with us

Kabupaten Banjar

Disdukcapil Banjar Upayakan Target Kepemilikan KTP dan IKD

Diterbitkan

pada

Apel kerja gabungan Lingkup Pemkab Banjar, Senin (12/2/2024) pagi. Foto: DKISP Banjar

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Banjar terus berupaya dalam mencapai target kepemilikan KTP-elektronik yang diharap dapat digunakan warga untuk memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024 ini.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar, Azwar selaku pembina apel kerja gabungan Lingkup Pemkab Banjar, Senin (12/2/2024) pagi, mengatakan, per 31 Desember 2023 persentase kepemilikan KTP-el 99,23 persen dari wajib KTP-el 422.838.

Dari 419.601 orang, katanya, masih terdapat 3.224 penduduk usia SLTA atau pemilih pemula yang belum memiliki KTP-el.

Baca juga: Demo ke Bawaslu Kalsel Mahasiswa Soroti Netralitas ASN

“Sejak Januari 2024 Disdukcapil Banjar mendatangi sekolah-sekolah lanjutan tingkat atas/sederajat untuk melakukan perekaman dan pencetakan KTP-el langsung di sekolah dengan inovasi KAMU MANIS (Perekaman KTP-el Untuk Pemilih Pemula),” jelas dia.

Disebut Identitas Kependudukan Digital (IKD), jelas Azwar, sudah mulai berkembang pemanfaatannya dan ke depan pemerintah pusat melalui Ditjen Dukcapil Kemendagri RI akan mulai mengurangi identitas kependudukan dalam bentuk fisik (blanko KTP) dan menggantinya dengan IKD yang bisa diakses melalui smart phone.

Baca juga: Syukuran Mengawali Pembangunan Jembatan Rp14,7 Miliar di Martapura

“Sebagai upaya meningkatkan kepemilikan IKD maka di tahun ini kami memberikan hak akses Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) secara terbatas kepada aparat desa untuk bisa melakukan aktivasi IKD ini dengan inovasi DESA PELANDUK MANIS (Distribusi Akses ke Desa Untuk Percepatan Cakupan IKD).

Pada tahap awal, telah ditunjuk 31 desa (katagori sebagai desa mandiri) sebagai pilot project dan akan terus ditambah ke desa-desa lainnya,” pungkas dia.

Hadir pada apel gabungan ini para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD, pejabat administrator, pejabat pengawas dan fungsional serta staf PNS dan PTT lingkup Pemkab Banjar. (kanalkalimantan.com/dkispbanjar/kk)

Reporter: kk
Editor: Dhani

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

Komentar

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email