Disdik HSU Kirim 10 Ton Logistik ke Palu - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Disdik HSU Kirim 10 Ton Logistik ke Palu

Diterbitkan

pada

Bongkar muat logistik bantuan korban gempa tsunami Palu, Sulteng. Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Lebih 10 ton bantuan untuk korban gempa tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala diserahkan Dinas Pendidikan HSU. Bantuan kemanusian tersebut disalurkan melalui Kodim 1001 Amuntai yang seterusnya ke Provinsi Sulawesi Tengah.  Bongkar muat logistik bantuan berlangsung di Dinas Pendidikan dan Kodim 1001 Amuntai.

Logistik berupa barang kebutuhan pokok, Sembako, pakaian baru, popok bayi, makanan bayi dan lain sebagainya dengan total 27 item dengan berat lebih dari 10 ton.

H Hamdani, koordinator pengumpul bantuan mengatakan, bantuan ini terkumpul dari seluruh sekolah yang ada di Kabupaten HSU, mulai tingkat Taman Kanak-kanak sampai dengan sekolah menengah atas.

Bantuan bermula dari pengumpulan uang tunai, kemudian dibelikan barang kebutuhan pengungsi yang meliputi sembako, pakaian serta kebutuhan lainnya.

“Alhamdulillah, kita banyak mendapatkan respon dari seluruh sekolah di HSU, hal ini dapat dilihat dari hasil yang ada ini, hampir seluruh sekolah menyumbangkan baik berupa barang dan juga uang untuk korban bencana, dan untuk bantuan yang terkumpul ini kita belikan beras dan bahan lainnya,” ujar Hamdani.

Sementara itu, Komandan Kodim 1001 Amuntai Letkol CPN Sundoro Agung Nugroho mengatakan, pembukaan posko bantuan didasari perintah dari atasan untuk membantu para korban yang tertimpa musibah. Bantuan akan dikumpulkan ke Banjarmasin dan selanjutnya diangkut menggunakan kapal milik TNI AL.


Total bantuan dari masyarakat HSU yang diterima Kodim 1001 Amuntai berjumlah 198 koli dengan total berat sekitar 25.997 Kilogram. Untuk tahap pertama, Kodim 1001 Amuntai menutup penyerahan bantuan 10 Oktober 2018, karena logistik terkumpul direncanakan akan dikirim  ke Banjarmasin pada 11 Oktober 2018.

Dari pantauan Kanal Kalimantan, hampir seluruh ruangan di Makodim 1001 Amuntai saat ini sudah penuh terisi dengan berbagai macam logistik bantuan. Baik yang diserahkan langsung masyarakat hasil swadaya, maupun dari berbagai instansi pemerintah di Kabupaten HSU. Sementara untuk melakukan pengumpulan sendiri dibantu oleh TNI, instansi, ormas, para pelajar, mahasiswa dan masyarakat. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan