Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Dinsos HSU Salurkan BLT Rp6,3 Miliar Entaskan Kemiskinan Ekstrem

Diterbitkan

pada

Pj Bupati HSU Zakly Aswan secara simbolis saat menyalurkan BLT kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di aula Dinas Sosial HSU, Rabu (29/11/2023). foto : diskominfohsu

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaunching penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) bersumber dari APBD Perubahan Kabupaten HSU tahun anggaran 2023 kepada ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di aula Dinas Sosial HSU, Rabu (29/11/2023) siang.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis Penjabat (Pj) Bupati HSU Zakly Aswan didampingi Kepala Dinas Sosial HSU Surya Supi.

Pj Bupati HSU, Zakly Aswan mengatakan, bantuan ini hanyalah amanah yang perlu disampaikan kepada mereka yang membutuhkan.

Baca juga: Beredar Video Banjir di Pengaron, Kalak BPBD Banjar Pastikan Hoax

“Kita patut bersyukur, kami diberikan kepercayaan untuk menyampaikan rezeki ini kepada bapak ibu sekalian,” kaya Zakly.

Kepada keluarga penerima manfaat, Zakly berharap bantuan kali ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya sehingga setidaknya mengurangi beban masyarakat.

Selain itu, berpesan kepada penerima agar dapat memberitahu aparat desa atau melaporkan jika ada warga yang layak mendapatkan bantuan dan masih belum lagi tersentuh bantuan.

Baca juga: Masa Kampanye di Ibu Kota Kalsel, Wali Kota Minta Kampanye Dilakukan Fair

Sementara, Kepala Dinsos HSU, Surya Supi mengatakan penyaluran BLT ini bertujuan untuk membantu meringankan dalam memenuhi kebutuhan dasar, serta meringankan beban pengeluaran kebutuhan keluarga penerima manfaat dalam jangka waktu tertentu.

“Untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem di Kabupaten Hulu Sungai Utara baik secara kuantitas maupun kualitas,” terangnya.

Kadinsos HSIU menjelaskan, sumber dana BLT dalam APBD perubahan 2023 ini bersumber dari dana insentif bentuk penghargaan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah dalam kategori kinerja penghapusan kemiskinan ekstrem.

Baca juga: 8 Rekomendasi Parfum Morris Terbaik untuk Pria dan Wanita

Adapun sasaran penerimanya meliputi warga miskin yang termasuk dalam data P3K yaitu sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

Kemudian data terpadu kesejahteraan sosial dan masyarakat yang dianggap layak dengan ketentuan bukan penerima bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), bukan penerima BLT Dana Desa yang tersebar di kelurahan dan desa di Kabupaten HSU.

“Jumlah keluarga penerima manfaat berdasarkan jumlah usulan dari kelurahan dan desa ke Dinas Sosial melalui tenaga kerja sosial kecamatan sebanyak 10.615 KPM dengan alokasi yang disediakan Rp6,3 miliar.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, BPBD Banjar Rakor Antisipasi dan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana

Masing-masing KPM penerima Rp600.000 untuk bulan November dan Desember atau masing-masing bulan yaitu Rp300.000,” bebernya.

Untuk hari ini dan besok disaluran kepada empat kelurahan, dan untuk 4 dan 5 Desember dissalurkan ke 214 desa di seluruh Kabupaten Hulu Sungai Utara. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie

Please follow and like us:
Pin Share

iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->
RSS
Follow by Email