Connect with us

Kabupaten Banjar

Diikuti Lebih 100 Peserta, Tradisi Adat Banjar Baayun Maulid di Desa Gudang Hirang

Diterbitkan

pada

Baayun Maulid yang berlangsung di kabupaten Banjar Foto: rendy

MARTAPURA, Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1440 Hijriah, warga Kampung Handil Buluan Desa Gudang Hirang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar gelar tradisi adat Banjar Baayun Maulid di Halaman Mesjid Al Hidayah, Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar, Selasa (20/11).

Menurut Kepala Desa Gudang Hirang Syahrani, tradisi Baayun Maulid ini di selenggarakan tak lain untuk memeriahkan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain itu tradisi ini juga untuk melestarikan adat budaya Banjar yang sudah turun temurun.

“Masyarakat sangat antusias mengikuti Peringatan Maulid dengan tradisi Baayun Maulid , di tahun ini peserta yang mengikuti lebih dari 100 orang dan lebih banyak dari tahun sebelumnya. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa,” ujar Syahrani.

Syahrani berharap baayun Maulid ini terus berlanjut dan terus di tingkatkan di desanya. Mengingat tradisi ini khasnya orang Banjar.

Semantara salah satu tokoh masyarakat Guru Gafuri mengungkapkan, peringatan ini selain untuk menambah ketakwaan kepada Allah SWT dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW. Kegiatan ini juga sebagai mengakrabkan dan mempererat jalinan silaturrahmi sesama warga.

“Kegiatan tradisi baayun Maulid ini untuk mengakrabkan dan menumbuhkan rasa kekeluargaan karena kearkraban untuk menjalin silaturahmi ini sudah mulai hilang, seiring dengan kemajuan jaman saat ini,” ujarnya. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!