Dibalik Pekerjaan Penuh Resiko, Anggota Damkar Swasta Tak Terjamin Asuransi - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Banjar

Dibalik Pekerjaan Penuh Resiko, Anggota Damkar Swasta Tak Terjamin Asuransi

Diterbitkan

pada

Resiko tinggi kecelakaan harus ditanggung sendiri Damkar swasta di Kabupaten Banjar. Foto : rendy

MARTAPURA, Kerja relawan barisan pemadam kebakaran di Kabupaten Banjar yang penuh resiko, tidak semua anggota pemadam ditanggung asuransi.

Menurut Sekretaris Bumi Selamat Rescue (Buser) 690 Kabupaten Banjar Ahmad Syarif, hingga sekarang ada sebanyak 100 unit Damkar swasta yang terdaftar dan tergabung di BUSER 690 Kabupaten Banjar, ada sekitar 2.000 anggota masih belum terjamin dalam asuransi.

Jika dilihat dari segi keselamatan dan keamanan, anggota Damkar swasta masih belum dijamin oleh pemerintah, padahal setiap hari selalu berkecimpung dalam sebuah kegiatan yang mempunyai resiko kecelakaan tinggi dan mengancam keselamatan jiawa mereka.

“Buser 690 ada 100 unit BPK swasta, saya mengharapkan pemerintah daerah ada perhatian untuk unit-unit anggota Damkar swasta, terutama jaminan asurani keselamatan dan keamanannya,” harapnya.

Syarif mengatakan, pihaknya sudah mengajukan keinginan agar pemerintah bisa menjamin keselamatan anggota Damkar swasta di Kabupaten Banjar, namun sepertinya masih belum bisa terlaksana dengan alasan anggaran yang terbatas dan terbentur peraturan.

“Sebelumnya kita mengajukan keinginan itu, namun kata instansi terkait hal itu terbentur aturan tidak bisa menganggarkan, mengingat anggaran terbatas,” ujarnya.


Dengan kondisi tersebut, untuk semua kegiatan, operasional Damkar swasta hanya bisa mengandalkan sumbangan-sumbangan masyarakat.

“Jika terjadi musibah kecelakaan anggota ketika bertugas di lapangan, kami hanya bisa minta bantuan petugas PMI dan meminta toleransi kepada pihak rumah sakit,” akunya

Pada tahun 2014 lalu, pernah sebanyak 68 unit Damkar swasta di Kabupaten Banjar diikutkan dalam asuransi PT Asuransi Jiwasraya. Dimana setiap Damkar mendapatkan jatah 10 orang yang ditanggung asuransi, ketika memasuki tahun 2015, hingga tahun 2018 Pemkab Banjar tidak lagi ada mengasuransikan anggota Damkar swasta.

“Sekali lagi saya mengaharapkan agar pemerintah daerah bisa memperhatikan Damkar swasta yang ada di Kabupaten Banjar, jaminan keselamatan asuransi saat bertugas,” pungkasnya. (rendy)

Reporter : Rendy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 16
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan