Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

DAS di Desa Belangian Akan Direhabilitasi Seluas 326 Hektare

Diterbitkan

pada

IPPKH PT Prolindo Cipta Nusantara rehabilitasi DAS seluas 326 Ha di Kecamatan Aranio Foto: Dishut Kalsel

BANJARBARU, Tahun 2018 ini direncanakan rehabilitasi DAS seluas 326 Ha di Kecamatan Aranio oleh IPPKH PT Prolindo Cipta Nusantara. Rancangan teknis kegiatan tersebut sudah disosialisasikan dan disusun bersama-sama dengan PT Prolindo Cipta Nusantara dan masyarakat di rumah Pambakal Desa Belangian Kecamatan Aranio, Rabu (16/5).

Dalam rantek tersebut, sesuai instruksi Kadishut Kalsel DR. Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP, jenis tanaman yang akan ditanam haruslah jenis yang nantinya menguntungkan masyarakat, untuk itu masyarakat menginginkan jenis jengkol, kemiri, karet (okulasi+seedling) dan petai.

PT Prolindo Cipta Nusantara selaku pemilik IPPKH akan mengakomodir jenis tanaman sesuai permintaan yang diinginkan oleh masyarakat. Sosialisai dan penyusunan rantek tersebut dihadiri oleh Dinas Kehutanan bidang RHL, Kasie Perlindungan Tahura SA, PT Prolindo Cipta Nusantara, Penyuluh, Pambakal, Sekdes dan Masyarakat Desa Belangian.

Pengerjaan Rehab DAS sendiri nantinya akan memberdayakan dan melibatkan masyarakat sekitar. Dalam hal pengendalian pencegahan karhutla di areal Rehab DAS, kelompok MPA yang sudah terbentuk akan diberdayakan. Diharapkan hasil kegiatan Rehab DAS selain mampu mengurangi lahan kritis juga mampu memberikan manfaat kepada masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung.(cel)



Reporter: Cell
Editor: Chell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->