Connect with us

Kota Banjarmasin

Cegah Penyebaran Covid-19, Balai Kota Banjarmasin Disemprot Disinfektan

Diterbitkan

pada

Petugas Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (18/3/2020) sore. Foto: fikri

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN –  Langkah antisipasi penyebaran virus corona (Covid-19), Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (18/3/2020) sore. Penyemprotan sendiri dilakukan di seluruh kompleks perkantoran Balai Kota Banjarmasin di Jalan RE Martadinata, Kelurahan Kertak Baru Ilir, Banjarmasin Tengah.

Dari pantauan di lokasi, penyemprotan dilakukan seorang petugas dengan menyisir seluruh ruangan. Tak terkecuali, ruang kerja Wali Kota, Wakil Wali Kota, Sekda, Assisten hingga aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin. Penyemprotan sendiri dilakukan pada sore hari, saat seluruh pegawai di Pemko Banjarmasin pulang kerja.

Ditemui awak media, Sekda Kota Banjarmasin Hamli Kursani mengatakan, langkah ini diambil untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19 di lingkungan Pemko Banjarmasin. Tak hanya di kompleks Balai Kota, nantinya seluruh perkantoran SKPD di lingkungan Pemko Banjarmasin juga akan disemprot dengan disinfektan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

“Karena Kota Banjarmasin termasuk siaga darurat virus corona, maka langkah yang kita ambil adalah ini (penyemprotan disinfektan),” ucap Hamli.



Diakui Hamli, penyemprotan desinfektan di seluruh ruangan di Balai Kota Banjarmasin tidak semuanya dapat diselesaikan hari ini. “Kalau tidak sempat, mungkin (disambung) besok hari,” tambah Hamli.

Petugas Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin melakukan penyemprotan disinfektan, Rabu (18/3/2020) sore. Foto: fikri

Sementara itu, Kabid Kesmas Dinkes Kota Banjarmasin Kuswanta MS menambahkan, penyemprotan disinfektan dimulai hari ini dengan kompleks Balai Kota Banjarmasin sebagai titik pertama penyemprotan. Tak hanya Balai Kota, Kuswanta menambahkan, Sekretariat DPRD Kota Banjarmasin dan kantor Badan Keuangan Daerah Kota Banjarmasin juga disemprot disinfektan.

“Sebenarnya ini salah satu upaya, walaupun sebenarnya di kota kita belum ada kasus yang terkait dengan corona ini. Tetapi ini adalah salah satu upaya untuk mencegah penularan virus ini,” ucap Kuswanta.

Di samping itu, Kuswanta menambahkan, instansinya saat ini gencar melakukan sosialisasi bahaya penyebaran virus corona kepada masyarakat. Terpenting, seluruh masyarakat memahami bagaimana upaya-upaya yang dilakukan untuk pencegahan penularan virus corona.

Selain penyemprotan disinfektan, dari pantauan, sejumlah pekerja melakukan pemasangan wastafel sebagai tempat untuk mencuci tangan. (kanalkalimantan.com/fikri)

Reporter : fikri
Editor : bie

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->