Cakupan Imuniasi MR di HSU Baru 14,6%, Germas Terus Dikampanyekan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kab. HSU

Cakupan Imuniasi MR di HSU Baru 14,6%, Germas Terus Dikampanyekan

Diterbitkan

pada

Kampanye imunisasi measles campak dan rubella (MR), melalui pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Foto : dewahyudi

AMUNTAI, Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menggelar kampanye imunisasi measles campak dan rubella (MR), melalui pencanangan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas).

Dalam kegiatan Germasdiisi dengan senam bersama yang digelar di lapangan Pahlawan Amuntai, Rabu (5/9), diikuti Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi, Penjabat Sekda HSU HM Taufik, Ketua DPRD H Sahrujani, beserta unsur Forkopimda.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten HSU dr Agus Fidliansyah menuturkan, kampanye Germas untuk pembangunan kesehatan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi masyarakat.

“Saat ini yang djalankan adalah program Indonesia sehat, dan untuk mencapai program Indonesia sehat ada 3 pilar, diantaranya paradigma hidup sehat, penguatan peran kesehatan, dan program jaminan kesehatan,” kata Agus.

Kegiatan kampanye imunisasi campak dan rubella ini dilaksanakan pada bulan Agustus dan September, didasari oleh komitmen pemerintah, yaitu pada tahun 2020 sudah mengeliminasi campak dan rubella di Indonesia.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Nurul Ahdani mengatakan, berdasarkan cakupan untuk imunisasi campak rubella yang ada di Kalimantan Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Utara kini berada diurutan ke-13 dengan persentasi sebesar 14,6 %.

“Dihimbau kepada Dinas Kesehatan Kabupaten HSU untuk meningkatkan cakupan seperti Kabupaten lainnya,” pinta Nurul.

“Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian dari masyarakat terkecil yang membentuk kepribadian, baik proses pembelajaran hingga menuju kemandirian,” ujar Nurul.

Pemprov Kalsel mengapresiasi Kabupaten Hulu Sungai Utara dalam upaya upaya pembangunan kesehatan, dengan pembuktian 4 tahun terakhir Kabupaten HSU mampu meraih prestasi di bidang kesehatan pada tingkat nasional.
“Germas di Kabupaten Hulu Sungai Utara bisa mendapatkan dukungan dan komitmen lintas sektor dalam mengimplementasikan kegiatan-kegiatan gerakan masyarakat hidup sehat di Kalimantan Selatan,” pungkasnya. (dew)

Reporter : Dew
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan