Connect with us

HEADLINE

Besok PSU Pilgub Kalsel, Warga Serbu Kantor Camat untuk Cetak E-KTP hingga Picu Kerumunan!

Diterbitkan

pada

Antre warga Banjarmasin mengurus E-KTP untuk PSU Pilgub Foto: tius

KANALKALIMANTAN.COM BANJARMASIN – Sehari jelang digelarnya Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel, ratusan orang terlihat mengantre di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, untuk melakukan pencetakan E-KTP, Selasa (8/6/2021).

Saking panjangnya antrean, membuat kerumunan tak bisa dihindarkan. Zulkifly, salah satu warga Kelurahan Pemurus Baru mengatakan, sudah sejak pukul 08.00 Wita antre untuk mencetak E- KTP.
“Baru kemarin dapat undangan dari RT, jadi bikin ini untuk coblos besok,” ujar Zulkifly.

Zulkifly mengaku, saat ini ia hanya memiliki KTP sementara yang sempat digunakan diajang Pilgub 9 Desember 2020 lalu.

Saat disinggung kenapa baru saat ini mencetak E-KTP, lelaki 18 tahun tersebut mengaku sebelumnya tidak sempat mencetak E-KTP karena adanya kesibukan. “Kemarin itu karena ada kesibukan, jadi lupa untuk mengurus,” ucap Zulfikly.



 

 

Namun, nyatanya di lapangan masih banyak juga warga yang belum memiliki E-KTP dan berencana membuat E-KTP di Kantor Camat.

Baca juga: Temuan Jasad di Kamar Kos, Korban Dihabisi, Mobil dan Hp Dicuri

Sementara itu, PJ Walikota Banjarmasin, Akhmad Fydayeen, mengatakan, petugas hanya melayani pencetakan KTP untuk warga yang KTP-nya rusak ataupun yang hilang.

“Sampai hari ini masih banyak masyarakat yang belum memiliki KTP. Jadi di sini sebenarnya tinggal mencetak saja. Untuk warga yang rekam KTP kita suruh balik,” ucap PJ Walikota, saat diwawancarai media di halaman Kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (08/06/21).

Disinggung kerumunan yang terjadi, Ia mengatakan pihaknya akan merapikan kerumunan tersebut.
“Ini kita sedang rapikan,” kata Fydayeen.

Baca juga: Sekolah Tatap Muka di Banjarmasin, Jumlah Siswa dan Durasi Belajar Dibatasi

Dari pantauan di lapangan, terlihat petugas TNI-Polri hingga Satpol PP Kota Banjarmasin, langsung mengurai kerumunan yang terjadi.

Di samping itu, Rahmiyati Wahdah, Ketua KPU Koto Banjarmasin mengatakan kalau layanan hari ini hanya diperuntukkan untuk warga yang terdaftar sebagai DPT PSU Pilgub yang ada di Kecamatan Banjarmasin Selatan.

“Hal ini agar mempercepat proses pencetakan E-KTP untuk para warga yang akan memberikan hak suaranya esok hati saat PSU Pilgub dilaksanakan,” tutur Rahmiyati.

“Sebenarnya untuk E-KTP yang masih bisa terbaca, masih bisa digunakan untuk syarat saat PSU Besok, namun banyak warga yang ingin memanfaatkan layanan ini, untuk memperbaharui E-KTP nya,” tambah Ketua KPU Kota Banjarmasin.

Selanjutnya, ia juga mengungkapkan kalau layanan ini, bukan membuat E-KTP yang baru, melainkan hanya mencetak ulang untuk E-KTP warga yang hilang, rusak atau patah, dan juga menggantikan KTP Sementara.

“Jadi Saat PSU nanti, semuanya bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan lagi untuk para warga,” pungkas Rahmiyati. (Kanalakalimantan/Tius)

Reporter : tius
Editor: cell


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->