Berprestasi Level Asean, Pustakawan Syawqi Dihadiahi Umrah Dispersip Kalsel - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarmasin

Berprestasi Level Asean, Pustakawan Syawqi Dihadiahi Umrah Dispersip Kalsel

Diterbitkan

pada

Ahmad Syawqi (kanan) pustakawan Kalsel berprestasi bersama Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor (tengah) dan Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie (kiri). Foto : bie

BANJARMASIN, Pustakawan Kalimantan Selatan Ahmad Syawqi SAg SIPI MPdI, seorang kandidat Doktor Pendidikan Islam di UIN Antasari Banjarmasin membuahkan prestasi membanggakan di tingkat internasional, tepatnya di ajang Congress of Southeast Asian Librarians (CONSAL) ke-XVII di Myanmar 2-5 Mei 2018 lalu. Syawqi berhasil meraih juara 2 Silver (perak) dalam CONSAL Outstanding Librarian Award ke- XVII.

Atas prestasi itulah, ia diberikan hadiah umrah dari Pemprov Kalsel. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Arsip Provinsi Kalimantan Selatan (Dispersip) Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie.

Di ajang tersebut, Indonesia masuk dalam lima besar dari 10 pustakawan negara anggota ASEAN dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar dan Brunei Darussalam.

“Alhamdulillah Syawqi terpilih sebagai pustakawan terbaik ASEAN peraih medali perak pada CONSAL Outstanding Librarian Award di Myanmar,” kata Bunda Nunung -biasa disapa-.

Sekadar diketahui, Syawqi dalam kesehariaan adalah seorang Pustakawan-Dosen Luar Biasa dan Kepala Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin. Ia juga merupakan Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Kalsel.

Prestasi sebelumnya, Syawqi pernah terpilih sebagai Pustakawan Teladan Berprestasi Terbaik 1 Provinsi Kalsel 2009 dan 2016, terbaik 3 nasional 2016, serta sebagai pustakawan terbaik 1 pada Pemilihan Pustakawan Utusan Indonesia ke Myanmar untuk CONSAL Outstanding Librarian Award 2018. Rangkaian prestasi itu tentu menjadi catatan tersendiri bagi kemajuan pustakawan Indonesia khususnya di Kalsel bahkan Kalimantan yang memiliki prestasi untuk level internasional.

“Karena sebelumnya belum ada pustakawan yang memiliki prestasi internasional seperti Syawqi. Kedepan akan lahir lagi para pustakawan Kalsel lainnya yang memiliki prestasi di ajang internasional,” ucap Kadispersip Kalsel.

Atas prestasi Syawqi, Dispersip Kalsel memberikan reward berupa umrah karena sudah berjuang mengharumkan nama Indonesia di level internasional.

Bunda Nunung menyampaikan, Syawqi merupakan sosok pustakawan teladan berprestasi yang sangat membanggakan bagi Dispersip dan Pemerintah Provinsi Kalsel. “Syawqi telah meraih prestasi yang sangat luar biasa. Terus berkarya untuk perpustakaan dan putakawan Indonesia. Semoga Syawqi juga menjadi pemantik semangat bagi para pustakawan lainnya untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas Perpustakaan di Kalsel agar semakin lebih baik lagi,” katanya.

“Harapan utama bagi para Pustakawan di Kalsel, Syawqi bisa menjadi motivasi kepada pustakawan lainnya untuk bisa berprestasi, bisa menjadi role model bagi para pustakawan lainnya, dalam mengembangkan profesionalisme dan meningkatkan kompetensinya dalam  berkarya,” pungkasnya. (bie)

Reporter : Bie
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 5
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan