Bawaslu Pulpis Ajak Media dan Masyarakat Lawan Berita Hoaks - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Pulang Pisau

Bawaslu Pulpis Ajak Media dan Masyarakat Lawan Berita Hoaks

Diterbitkan

pada

Ketua Bawaslu Pulang Pisau Ubeng Itun (dua dari kanan), Kadis Kominfo dan Persandian Moh Insyafi (dua dari kiri) dan Ketua PWI Pulang Pisau I Nyoman Weda mengajak awak media menciptakan pemilu aman dan damai. Foto : sanjaya

PULANG PISAU, Menjelang perhelatan Pile dan Pilpres pada April 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Pulang Pisau mengajak masyarakat lewat media massa lawa berita hoaks alias kabar bohong.

Bawaslu Pulpis menggelar media gathering yang dihadiri puluhan awak media yang kesehariannya bertugas di Pulang Pisau. Hadiri Ketua Bawaslu Kabupaten Pulang Pisau Ubeng Itun SH, Kadis Kominfo dan Persandian Pulps Moh Insyafi dan Ketua PWI Pulang Pisau, I Nyoman Weda.

“Kita menyadari dalam melakukan pengawasan Pemilu tidak bisa sendiri. Keberadaan media massa baik cetak, elektronik dan online kita anggap turut ikut berperan dalam mendorong terselenggaranya Pemilu yang aman dan sejuk, terutama dalam mencerdaskan masyarakat selaku pemilih serta turut berperan melawan dan menangkal berita hoaks,” ujar Ubeng Itun.

Ubeng memuji kerjasama yang sudah terjalin antara Bawaslu dan media massa. Selama ini isu-isu hangat di masyarakat terkait Pemilu dengan cepat bisa ditangani salah satunya berkat pemberitaan media. Sehingga menurut Ubeng pihaknya merasa sangat terbantu dalam menengahi banyak pertanyaan yang simpang siur di masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika (Kominfo) dan Persandian Moh Insyafi  mengajak awak media untuk bersama-sama menciptakan situasi aman, damai dan kondusif jelang Pemilu 2019 mendatang. Apalagi belakangan ini maraknya kasus ujaran kebencian dan berita bohong mengancam pesta demokrasi jika tidak dilawan.

“Melawan berita hoaks adalah dengan menyuguhkan berita yang tepat dan akurat. Kita percaya kawan-kawan media sudah paham akan hal ini. Hanya saja, masyarakat kita yang sepertinya perlu banyak diedukasi agar bisa bersikap lebih bijaksana. Terutama bagaimana seharusnya bersikap jika mendapat informasi yang berpotensi berpolemik. Jangan sembarangan menyebarkan berita, harus di cek dulu kebenarannya. Begitu juga dalam bermedia sosial, hindari mengumpat, memaki dan ujaran kebencian. Bersama kawan media, mari kita cerdaskan masyarakat agar bisa menjalani pesta demokrasi ini dengan suka cita,” ujar Insyafi. (sjy)

Reporter : Sjy
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan