Baru 10% Sampah Bisa Didaur Ulang Bank Sampah Banjarmasin - Kanal Kalimantan
Connect with us

Lingkungan

Baru 10% Sampah Bisa Didaur Ulang Bank Sampah Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Direktur Bank Sampah Induk Banjarmasin Fathurrahman saat menjelaskan proses kerja di Bank Sampah Induk di kota Banjarmasin Foto : Arief Rahman

BANJARMASIN, Direktur Bank Sampah Induk Banjarmasin Fathurrahman mengklaim dari 650 ton sampah yang dihasilkan dalam sebulan, baru sekitar 10 persen sampah di Kota Banjarmasin yang bisa didaur ulang.

Menurut dia, minimnya sampah yang dapat didaur ulang tersebut disebabkan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat kota Banjarmasin mengumpulkan dan memilah sampah yang bisa didaur ulang.

“Padahal jika masyarakat mau mengumpulkan dan memilah sampah yang bisa di daur ulang, selain akan membuat persentasi sampah yang dihasilkan berkurang, juga bisa mendapatkan nilai ekonomis,” tegasnya, Rabu (5/12/2018).

Bahkan dirinya pernah menghitung, jika semua sampah yang dihasilkan mampu didaur ulang, maka bisa menghasilkan uang sebesar Rp 2,7 miliar perbulan.

“Karena itulah kita terus galakkan sosialisasi intensif ke masyarakat untuk mau memilah sampah yang bisa didaur ulang melalui bank sampah. Diharapkan cara ini bisa mendorong terus tingginya kesadaran masyarakat untuk mau memilah sampahnya,” tambahnya.

Di Kota Banjarmasin sendiri disebutkan, saat ini ada 125 bank sampah yang tersebar di Kota Banjarmasin dan melayani sekitar 8.000 nasabah.

“Berbagai sampah yang bisa didaur ulang yang dikumpulkan masyarakat ke Bank Sampah, nantinya akan disetor ke Bank Sampah Induk. Setelah itu sampah akan dijual kembali ke pengepul besar,” pungkasnya. (arief)

Reporter : Arief
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Lanjutkan membaca
Advertisement