Barito Putera Akhiri Panceklik Laga Tanpa Kemenangan - Kanal Kalimantan
Connect with us

Sport

Barito Putera Akhiri Panceklik Laga Tanpa Kemenangan

Diterbitkan

pada

Barito Putera vs Ps Tira Foto: Net

BANJARMASIN, Pertandingan Barito Putera vs PS TIRA dalam laga penutup pekan 29 GoJek Liga 1 2018 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (5/11/2018) berakhir dengan skor 3-1. Sepasang gol Douglas Packer dan satu lainnya dari Ady Setiawan tak mampu disamai PS TIRA, yang hanya bisa merespons lewat gol balasan Wawan Febrianto.

Kemenangan ini sekaligus menjadi pelepas dahaga tuan rumah yang baru saja melalui puasa kemenangan. Tercatat sebelumnya Barito Putera gagal menang selama sembilan laga beruntun.

Tak hanya itu, torehan angka penuh membuat Barito Putera naik ke peringkat delapan. Mengemas 40 poin, Laskar Antasari unggul satu angka dari PSIS yang tergeser ke urutan sembilan.
Sedangkan bagi PS TIRA, kegagala mencuri poin dari tuan rumah membuat mereka gagal meninggalkan zona degradasi. The Army tetap berada di urutan 17 dengan 32 poin, hasil sembilan kemenangan, lima kali imbang, dan 13 kekalahan.

Gol Telat di Babak Pertama. Barito Putera yang tak diperkuat pemain intinya lantaran dipanggil Timnas Indonesia tampil dengan formasi 4-3-3. Pelatih Jacksen F Tiago menempatkan trisula Samsul Arif, Matias Cordoba, dan Marcel Sacramento di lini depan.

Douglas Packer tetap jadi andalan di lini tengah. Menariknya, kejutan diberikan Jacksen dengan menempatkan pemain muda Timnas U-19 Indonesia, Muhammad Riyandi di posisi penjaga gawang, menggantikan kiper utama Adhitya Harlan yang dibangku cadangkan.

Adapun kubu PS TIRA mengandalkan formasi 4-5-1. Aleksandar Rakic diplot sebagai penyerang tunggal. Percobaan dilakukan pelatih Nil Maizar dengan menempatkan Manahati Lestusen di posisi gelandang serang.

Penampilan agresif coba diperagakan tuan rumah sejak awal. Peluang demi peluang didapat Barito Putera, puncaknya terjadi pada menit 27. Usai menerima sebuah umpan lambung, Samsul Arif menusuk sendirian ke kotak penalti dan melepaskan tembakan keras ke tiang dekat. Gol urung tercipta lantaran kiper PS TIRA, Angga Saputra tampil cekatan menepis bola hasil sepakan Samsul.Tak berhenti di situ saja, peluang juga sempat hadir lewat aksi Douglas Packer serta Marcel Sacramento. Namun lemahnya penyelesaian akhir masih jadi kendala.

Upaya tuan rumah akhirnya menemui hasil pada injury time babak pertama. Adalah Ady Setiawan yang sukses mencatatkan namanya pada papan skor. Berdiri di sektor kiri kotak penalti, Ady melompat dan menyundul umpan lambung yang dikirimkan Marcel Sacramento. Bola lantas meluncur deras ke sisi kiri atas gawang dan tak mampu dijangkau Angga. Skor berubah jadi 1-0 dan sekaligus menutup jalannya babak pertama.

Laskar Antasari Tak Terbendung

Barito Putera tetap tampil dominan di awal babak kedua. Bahkan baru tujuh menit, Laskar Antasari sukses menggandakan keunggulannya. Lagi-lagi gol tercipta lewat assist Marcel Sacramento. Kali ini umpan akurat eks penggawa Persipura itu menemui dan dituntaskan dengan baik oleh Douglas Packer. Dari dalam kotak penalti, sontekan Douglas sukses menggetarkan gawang tim tamu. Skor 2-0.

Hanya berselang lima menit, Barito Putera bahkan hampir mencetak gol lagi. Samsul Arif melakukan aksi individu, melewati dua bek lawan, dan melepaskan sepakan keras yang masih dapat ditepis Angga Saputra.
Semenit kemudian Angga lagi-lagi menggagalkan aksi Samsul. Ia menangkap dengan baik bola hasil sepakan akurat sang striker dari depan kotak penalti.

Tuan rumah akhirnya kembali menggetarkan gawang PS TIRA pada menit 61. Bukan lewat aksi Samsul, tetapi berkat sontekan jarak dekat Douglas Packer. Usai menerima umpan akurat yang dikirimkan Matias Cordoba, tanpa ampun Douglas memperdaya Angga sekaligus mencatatkan gol keduanya di laga ini.

PS TIRA sempat memperkecil ketertinggalan pada menit 82 lewat aksi pemain pengganti, Wawan Febrianto. Memaksimalkan ruang tembak yang ada, Wawan menyambar umpan sodoran Ahmad Nufiandani dengan sebuah sepakan kaki kiri. Bola melaju akurat dari sektor kiri kotak penalti ke sisi kiri gawang, sekaligus mengecoh Muhammad Riyandi.

Namun gol Wawan tak mampu menyelamatkan nasib timnya dari kekalahan yang sudah di depan mata. Skor 3-1 jadi penutup laga Barito Putera vs PS TIRA. (bie/trto)

Reporter: Bie/tirto
Editor: Bie

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan