Connect with us

Baristand Banjarbaru

Baristand Industri Banjarbaru Berinovasi Dukung Industri Umbi Maya dan Pupuk Granule

Diterbitkan

pada

Serah terima alat secara simbolis oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Husaini kepada kelompok tani dan peternak. Foto: BRSBB

KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Balai Riset dan Standardisasi Industri Banjarbaru (BRSBB) melaksanakan serah terima alat kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Balangan. Hasil perekayasaan yang diserahkan adalah mesin pemotong dan pengering umbi maya, serta alat pencetak pellet granule.

Kegiatan ini merupakan realisasi kerjasama litbang antara BRSBB dan Balitbangda. Kegiatan berlangsung di halaman Gedung Balitbangda Kabupaten Balangan dihadiri perwakilan Setda Kabupaten Balangan, Kepala Dinas Pertanian Balangan, kepala desa, camat, Asosiasi Komunitas Porang Indonesia (Aseporin), kelompok tani umbi maya (porang), dan kelompok peternak.

Kepala Balitbangda Kabupaten Balangan Aidinnor mengucapakan terima kasih kepada BRSBB atas kerjasamanya dan semoga peralatan ini mampu menambah kapasitas dan kualitas produksi umbi maya kering. Selain itu semoga perkembangan produk pupuk organik berbentuk pellet dapat berkembang di Kabupaten Balangan,” katanya.

Dalam kesempatan ini Kepala BRSBB diwakili Kepala Seksi Teknologi Industri Ratri Yuli Lestari menyampaikan, terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada BRSBB untuk melaksanakan dua judul penelitian yang merupakan kerjasama dengan Balitbangda Kabupaten Balangan. Yaitu pengembangan produk umbi maya yang merupakan lanjutan penelitian pengembangan tahun 2019. Pada tahun 2020, dikembangkan mesin pemotong dan pengering umbi maya serta pembuatan bakso dari tepung umbi maya dengan proses isolasi glukomanan.



 

Kepala Seksi Teknologi Industri, Ratri Yuli Lestari mewakili BRSBB. Foto: BRSBB

Judul kedua adalah pembuatan alat pencetak pupuk bentuk granule. Harapannya alat ini mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi umbi maya dan juga pupuk organik granule/pellet.

Ratri mengatakan, kerjasama ini diharapkan terus berlanjut, baik pada pengembangan umbi maya maupun pada pengembangan sumber daya lain guna memajukan para petani maupun Kabupaten Balangan di masa yang akan datang.

“Karena Balai Riset dan Standardisasi Industri Banjarbaru terus berupaya, berinovasi dan mendukung kemajuan industri khususnya di Provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Serah terima alat secara simbolis oleh Sekretaris Daerah diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Husaini, didampingi Kepala Balitbangda dan Kepala Seksi Teknologi Industri BRSBB kepada kelompok tani dan peternak sebagai pengelola. Acara dilanjutkan dengan uji coba alat secara langsung bersama kelompok petani dan peternak oleh perekayasa Baristand Banjarbaru Saibatul Hamdi dan Budi Tri Cahyana.

Acara ditutup dengan ekspose penelitian oleh dua narasumber fungsional peneliti BRSBB Nazarni Rahmi dan Evy Setiawati, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. (kanalkalimantan.com/rls)

Reporter : Rls
Editor : Bie

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->