Connect with us

HEADLINE

Banjir Dekat Bandara, Bukti Drainase dan Sungai Tak Beres


Pemkot Banjarbaru Harus Atur Ulang Drainase dan Kawasan Tangkapan Air


Diterbitkan

pada

TERENDAM, Rumah warga di jalan Tonhar Kelurahan Syamsuddin Noor, Kecamatan Landasan Ulin yang direndam air kali pertama dalam 30 tahun terakhir. Foto : devi

BANJARBARU, Hujan deras di wilayah Landasan Ulin, Selasa (6/3) petang, merendam permukiman warga di tiga RT Jalan Tonhar, Kelurahan Syamsuddin Noor, Kecamatan Landasan Ulin. Tiga wilayah rukun tetangga itu yakni RT 2, RT 3 dan RT 4 dengan jumlah penduduk terdampak sebanyak 100 kepala keluarga, 350 jiwa, 3 lansia, 20 dan 10 ibu menyusui.

Sekedar diketahui, jalan Tonhar ini berjarak hanya sekitar tak lebih dari 700 meter dari Bandara Syamsuddin Noor, bahkan hujan kemarin juga sempat merendam pintu kedatangan penumpang di Bandara Syamsuddin Noor.

Rendaman air hujan yang turun saat sore hari terjadi hingga Selasa malam. Baru sekitar pukul 23.00 Wita air secara keseluruhan sudah tidak lagi menggenang permukiman warga.

Akibat luapan air itu, warga dibikin harus bergotong royong membersihkan rumah dari sampah bawaan dari air banjir tersebut.



Seperti rumah Ketua RT 4  Pandu Budianto yang kemasukan air hingga kurang lebih 80 cm.

“Awalnya mau kerja tapi karena hujan jadi di rumah saja, ternyata air masuk ke rumah cukup deras hingga ketinggian air sepaha orang dewasa,” ujar Pandu Budianto.

Warga lainnya, Supriyadi merasa tidak percaya dengan kejadian banjir dadakan itu, sejak beliau kecil hingga sekarang kurang lebih 30 tahun bermukim di Jalan Tonhar tidak pernah mengalami kejadian seperti itu.

“Dari saya kecil sampai sekarang tidak pernah tempat ini kebanjiran, apalagi air sampai ke Bandara, saya rasa kejadian ini karena pembangunan yang terus bertambah tapi tidak memperhatikan aliran sungai dan drainase,” ujar Supriyadi.

Memang hampir setiap kali hujan turun, sebagian ruas jalan di Banjarbaru tergenang air, hal ini diduga akibat tata kelola kota dan perencanaan drainase yang belum memenuhi memadai.


Laman: 1 2

iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->