Connect with us

Kota Banjarbaru

Banjarbaru Akan Kembangkan Kawasan Berkonsep ‘Aero City’

Diterbitkan

pada

Rapat Konsultasi Publik yang digelar oleh Bappeda Banjarbaru Foto : net

BANJARBARU, Meneguhkan sebagai kota inovasi, Banjarbaru terus melakukan pembenahan menjadi kota modern di Kalsel. Salah satunya dengan akan mengembangkan kawasan Aero City yang terintegrasi dengan keberadaan Bandara Syamsudin Noor yang juga menyandang sebagai bandara Internasional.

Hal tersebut mengemuka dalam Rapat Konsultasi Publik II Penyusunan Masterplan Kota Baru di Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, Kamis (11/10) yang dipimpin oleh Kepala Bappeda Kota Banjarbaru Kanafi. Konsultasi Publik ini melibatkan steakholder sekitar kawasan bandara. Mulai dari Camat, Lurah dan pelaku usaha ini dilakukan untuk memberikan tanggapan atas kajian dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Kanafi menjelaskan, masukan pola ruang di dalam aero city ini menghasilkan suatu perencanaan yang baik dengan adanya masukan masyarakat. Mengingat Banjarbaru memiliki posisi strategis sebagai kota yang mendukung eksistensi bandara.

“Diharapkan nanti sebelum final yang di putuskan sebagai RDTR-nya kawasan Kota Baru ini kita mengharapkan masukan mengenai pola ruang hingga jadi lebih baik,” katanya.

Kanafi optimis, dengan berbagai keunggulan Banjarbaru akan menjadi kota masa depan di Kalsel. Mengingat pengembangan kota baru di Kota Banjarbaru merupakan bagian dari pengembangan 10 kawasan perkotaan baru di Indonesia yang tercantum dalam RJMN 2014 – 2019.

Aero City nantinya merupakan kawasan yang akan terintegrasi dan memanfaatkan keberadaan bandara sebagai daya ungkit pertumbuhan wilayah. Luas kawasan yang akan direncanakan adalah ± 5.620,08 hektare dengan fokus pengembangan sebagai pusat permukiman baru layak huni dan didukung oleh fasilitas ekonomi dan sosial budaya.

Di sisi lain, Kasubdit Penataan Kawasan Perkotaan Kementerian ATR BPN Win Elas Yekti M menyampaikan bahwa kegiatan merupakan kegiatan konsultasi publik II (dua). Diharapkan pelaksanaan konsultasi publikini menjadi media interaktif bagi segenap pemangku kepentingan (stakeholder) untuk merekomendasikan program/kegiatan pembangunan sehingga perencanaan kota baru di Kota Banjarbaru menjadi lebih berkualitas.(rico)

Reporter : Rico
Editor : Chell

Bagikan berita ini!