Connect with us

HEADLINE

Antisipasi Macet Haul ke-18 Sekumpul Roda 6 Lebih Dilarang Melintas 26-31 Januari

Diterbitkan

pada

Suasana kepulangan jamaah Haul Sekumpul beberapa tahun yang lalu. Foto: dok.kanalkalimantan

KANALKALIMANTAN.COM, MARTAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) memberlakukan pengalihan rute lalu lintas dan angkutan jalan selama kegiatan haul dan pasca Haul ke-18 Guru Sekumpul.

Terhitung mulai tanggal 26 hingga 31 Januari 2023, kendaraan angkutan bersumbu tiga atau lebih, seperti angkutan roda 6 tidak diperkenankan beroperasi sepanjang Jalan A Yani Kota Martapura, Kabupaten Banjar.

Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar mengatakan, imbauan itu diberikan guna menghindari kemacetan panjang kendaraan bermotor yang akan melewati jalan tersebut.

“Sehubungan dengan pelaksanaan haul itu juga kita imbau bagi kendaraan roda 6 ke atas agar tidak melewati Jalan A Yani dalam kota Martapura untuk meminimalisir kemacetan,” ujar Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, Selasa (24/1/2023).



 

Surat Edaran Nomor: 451/00137/Kesra tentang Pengalihan Rute Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dari Pemprov Kalsel. Foto: ist

Baca juga : Dihadiri Wapres Ma’ruf Amin, Ini Rundown Haul ke-18 Guru Sekumpul di Kampung Keramat

Selain itu, agar terhindar dari kemacetan di Jalan A Yani dalam kota Martapura, masyarakat dapat melewati jalur alternatif pengalihan dari arah Mataraman-Sungai Ulin pada pukul 12.00 Wita hingga pukul 24.00 Wita.

Kemudian terdapat juga pengalihan jalur melalui arah Kandangan atau Margasari-Marabahan dari pukul 12.00 Wita hingga pukul 24.00 Wita.

Melalui surat edaran diketahui terdapat tiga ruas jalan yang akan ditutup total dan hanya boleh dilalui para pejalan kaki yang merupakan jamaah haul.

“Yakni pada tanggal 26 Januari 2023 akan dilakukan penutupan Jalan Martapura Lama dan Jalan Kertak Baru, serta Jalan KH Anang Sya’rani Arif,” sebutnya.

Baca juga  : Peringati Hari Bhakti Imigrasi ke-73, 580 Bingkisan Dibagikan ke Warga Binaan Lapas Perempuan Martapura

Sementara itu, Pemprov Kalsel menyediakan dermaga bagi masyarakat yang menggunakan mode transportasi sungai. Sebanyak enam buah dermaga disediakan, di antaranya tiga dermaga VIP, serta tiga dermaga untuk umum.

Adapun tiga dermaga VIP pertama terletak persis di seberang lokasi haul, dermaga Ponpes Darussalam sebagai jalur turun evakuasi, serta VIP alternatif terdapat di dekat RTH Santri Murung Kenanga.

Sedangkan tiga dermaga untuk masyarakat umum diletakkan di area sungai seberang Jalan Makam, di seberang lapangan Masjid Habib Zein, serta berdekatan dengan dermaga VIP pertama yakni di seberang lokasi haul.

Sekadar informasi, Haul ke-18 Abah Guru Sekumpul tahun 2023, kabarnya Pemprov Kalsel mengundang tamu kerhormatan yaitu Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Kegiatan haul rencananya akan dimulai pada pukul 20.30 Wita dan berakhir hingga pukul 22.00 Wita pada Kamis (26/1/2023) atau malam Jum’at. (Kanalkalimantan.com/wanda)

Reporter : wanda
Editor : bie


iklan

Komentar

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->