Connect with us

Kabupaten Banjar

Angin Kencang Sambangi Sejumlah Kabupaten Kota Hari Ini

Diterbitkan

pada

Angin kencang juga merusakkan atap rumah warga di Banjar dan Banjarmasin Foto: tribun

MARTAPURA, Tak hanya Tanah Laut, angin kencang juga terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Kalsel. Meskipun tak mengakibatkan kerusakan fatal bangaunan, namun kekuatan angin yang terjadi pada sore hari tersebut membuat terbang sejumlah atap rumah warga.

Di Kabupaten Banjar misalnya, angin kencang menerpa rumah warga di Desa Gunungbatu, Kecamatan Sambungmakmur, Selasa (1/1/). Kepala Desa Gunungbatu Marsuli mengatakan, kejadian terjadi pukul 16.00 Wita. Angin kencang sempat mengamuk hingga menyebabkan sebagian atap rumah milik Liani, warga RT 1 dan Husen, warga RT 5 terbang dibawa angin.

Hingga Selasa sore, warga setempat bergotong-royong untuk memasang sisa kayu dan atap yang masih bisa dipakai untuk dipasang kembali menjadi atap rumah yang terkena musibah. Masyarakat bersama-sama mengupayakan agar korban tetap dirumah dan tidak mengungsi.

Camat Sambungmakmur, Sukasto juga membenarkan kejadian tersebut, pihaknya menunggu laporan dari kepala desa, untuk selanjutnya diteruskan ke instansi terkait. Pihaknya mengharapkan, agar korban yang rumahnya rusak akibat angin kencang bisa mendapatkan bantuan.

Di sisi lain, dilansir Tribunnews.com, Kepala BPBD Kabupaten Banjar HM Irwan Kumar mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan adanya angin kencang yang mengakibatkan satu buah rumah rusak di Desa Gunungbatu Kecamatan Sambungmakmur, Selasa (1/1). Pihaknya juga sudah menerima laporan sehari sebelumnya ada beberapa rumah yang juga rusak akibat terpaan angin kencang.

“Sementara ini data yang baru masuk untuk kejadian di Sambungmakmur belum sepenuhnya seratus persen, dan tim kami sedang melakukan pengecekan. Kalau kejadian Senin (31/12) sekitar pukul 16.00Wwita data sudah masuk dan kami begitu data masuk baru bisa menyiapkan bantuan untuk kami kirimkan,” katanya.

Dia menyebutkan, yakni bagian dapur rumah yang ditempati Subhan di Desa Pematangpanjang Sungaitabuk, dihuni satu KK dan empat jiwa, rumah Miyah di Desa Benuaanyar Muara Kecamatan Astambul RT 5 yang juga mengalami kerusakan pada bagian dapur, dihuni empat jiwa, serta rumah atas nama Abdul Hakim yang rusak bagian dapur di Desa Lobangbaru Kecamatan Pengaron RT 1, dihuni empat jiwa.

Ia mengatakan, sesuai ramalan cuaca BMKG untuk musim hujan disertai angin kencang seperti saat sekarang ini, masyarakat harus selalu mewaspadai terpaan angin kencang. Karena dikhawatirkan ada puting beliung dan angin kencang sekali.

“Ini yang perlu diwaspadai. Rumah-rumah yang ada pohon besar sebaiknya ditebang karena dikhawatir bisa roboh mengenai rumah, angin kencang juga seringkali menerjang atap rumah, namun yang banyak terjadi adalah pohon besar roboh mengenai rumah, oleh sebab itulah kami himbau untuk mengantisipasi pohon-pohon besar,” ujarnya.

Sementara angin kencang yang sama juga terjadi di Kelurahan Gadang, Kecamatan Banjarmasin Tengah. Kejadian di tempat tersebut menyebabkan tiga rumah rusak pada bagian atap. (rendy/trb)

Reporter: Rendy/trb
Editor: Cell

Bagikan berita ini!
  • 1
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    1
    Share
-->