Connect with us

HEADLINE

Ahmad Rifai, Pedagang Bahan Bangunan yang Kini Jadi Ketua DPRD Pulpis

Diterbitkan

pada

Ahmad Rifa'i Anggota DPRD Pulang Pisau saat mengikuti sidang Dewan.Foto: istimewa

PULANG PUSAU, Masih muda, pantang menyerah dan sukses, itu mungkin sedikit gambaran sosok H. Ahmad Rifa’i. Bagaimana tidak, di usianya yang masih 36 tahun, ia sudah berhasil menduduki pucuk pimpinan DPRD Pulpis pada periode 2019- 2024.

Namun siapa sangka, sebelum terjun ke dunia politik pria yang dikenal religius ini berangkat dari pedagang bahan bangunan. Kepada kanalkalimantan.com, Rifai begitu sapaannya, berkisah jika sejak kecil ia memang hidup dalam lingkungan bisnis. Ayahnya H Husaini, adalah seorang pedagang mesin kapal dan kelotok di daerah Kecamatan Maliku, Pulang Pisau.

“Sejak kecil terbiasa membantu orang tua di toko. Namanya Toko Beruntung Jaya. Menjual mesin-mesin kapal dan kelotok. Saat kuliah di Banjarmasin sekitar tahun 2001 itu, sambil kuliah saya ikut mencarikan bahan-bahan toko di Banjarmasin. Di situ saya bertemu 2 orang pengusaha toko bangunan berdarah Cina yang punya jaringan hingga Surabaya. Berkat menjalin relasi dengan beliau toko kami mulai dipercayakan menjual aneka barang besar, bahkan diberi kemudahan bayar belakangan,” ujar Rifai bercerita.

Dikatakan pria lulusan STMIK Banjarmasin ini, kunci dalam berdagang dan berbisnis itu adalah kejujuran. Apalagi pesan orang tuanya yang selalu menekankan untuk menjaga amanah mitra bisnis. Menurutnya lebih baik rugi daripada harus merugikan orang lain.

Kemudian Toko Beruntung Jaya secara perlahan mulai membesar. Kebutuhan bangunan seperti semen, besi, seng hingga tandon air hilir mudik laris dibeli masyarakat. Saat itu Toko Beruntung jaya menurut Rifai harus melayani kebutuhan 2 kecamatan dengan jumlah penduduk terbanyak di Pulang Pisau itu.

Ahmad Rifa’i waktu berada di Jepang. Foto: istimewa

“Penjualan semen yang paling besar, bahkan toko kami sudah bisa menjalin kerjasama dengan pabrik di Pulau Jawa. Kita turut senang juga artinya ikut membantu percepatan pembangunan di wilayah kami. Selain di Toko bangunan tahun 2006, saat itu secara tidak sengaja pula, atas masukan keluarga bangunan yang direncanakan menjadi gudang beras untuk suplay Bulog kami coba bikin sarang burung walet. Nah, rupanya hasilnya bagus hingga berlanjut membuat beberapa sarang walet lagi ditanah yang lain,” tutur Rifai.

Keberhasilan dalam mengelola Toko Beruntung Jaya turut dirasakan bersama keluarga. Hingga dalam beberapa tahun terakhir oleh salah satu pabrik produsen bahan bangunan yang jadi mitra mereka. Setiap tahunnya Toko Beruntung Jaya berhasil mendapat bonus jalan-jalan keluar negeri secara gratis.

Ahmad Rifai sendiri mengaku hingga saat ini sudah mengunjungi sedikitnya 11 negara dari bonus penjualan toko mereka. Mulai dari ke Turki, Perancis, Belgia, Belanda, New Zealand, Australia, China, Vietnam, Malaysia, Singapura, Jepang bahkan di berangkatkan pergi Umroh.

“Pencapaian tersebut menurut saya pribadi adalah pencapaian dari kerja keras orang tua, terutama Ayah, Haji Husaini. Karena yang membangun Toko tersebut adalah beliau, saya hanya membantu saja. Saya bangga dan terus memegang prinsip usaha yang dicontohkan orang tua, berbisnis bukan sekedar berusaha saja namun juga harus memperhatikan masyarakat sekitar. Makanya untuk masyarakat disini, kalau memang perlu barang mereka bisa pinjam dulu, bayar bisa belakangan kita pahami kondisi juga,” kata Rifai merendah.

Setelah sukses dalam berdagang, tahun 2009 Ahmad Rifa’i melalui Partai Bintang Reformasi ( PBR)  berhasil duduk menjadi Anggota DPRD dari Dapil II daerah Kecamatan Pandih Batu dan Maliku tempat dimana ia dibesarkan. Lalu di tahun 2014 lalu dirinya kembali terpilih lagu dengan raihan suara terbanyak Partai Golkar di Dapil II dengan lebih dari 3.000 suara.

Dan Kini untuk ketiga kalinya Ahmad Rifai terpilih kembali dengan raihan 4.741 suara, terbanyak dari 25 anggota dewan lainnya. Maka oleh partai, ia pun di percaya menjadi ketua DPRD Pulang Pisau.

Ahmad Rifa’i waktu berada di Sidney Australia.

“Sejak menjadi anggota DPRD saya harus berfikir ekstra apalagi dengan amanah baru jadi ketua DPRD Pulpis. Bagaimana bisa membagi waktu antara urusan berdagang dan mewakili aspirasi masyarakat. Untungnya pengelolaan toko dibantu keluarga dirumah sehingga waktu melayani masyarakat bisa lebih banyak. Melalui amanah Anggota Dewan ini saya bersyukur bisa membantu mewujudkan keinginan masyarakat, seperti usulan jalan, jembatan hingga urusan pembangunan. Meskipun melelahkan namun saya niatkan ikhlas untuk ibadah. Setelah pensiun dari dunia politik, saya pasti akan kembali lagi fokus mengurusi toko,” tuturnya. (ds)

Biodata:

Nama : H. Ahmad Rifa’i, S.Ikom

Tanggal lahir : Basarang, 1 April 1983.

Agama : Islam

Alamat : Pasar Minggu, Maliku – Pulang Pisau.

Partai : Golkar

Pendidikan terakhir : S1 STIMIK Banjarmasin.

Hobby : Olahraga

Pekerjaan : Ketua DPRD Pulang Pisau. ( 2019-2024)

Reporter : Ds
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
-->