Agar Bantuan Tepat Sasaran, Dinsos Ajak Aparat Desa dan Lurah Verifikasi Data - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kabupaten Pulang Pisau

Agar Bantuan Tepat Sasaran, Dinsos Ajak Aparat Desa dan Lurah Verifikasi Data

Diterbitkan

pada

Dinsos Pulpis lakukan verifikasi data agar bantuan tepat sasaran. Foto: sjy

PULANG PISAU, Agar pemberian bantuan program pemerintah tepat sasaran, Dinas Sosial Pulang Pisau melakukan verifikasi terhadap Basis Data Terpadu (BDT) yang sebelumnya telah dilakukan pendataan melalui Badan Pusat Statistik ( BPS). Kegiatan tersebut dilakukan di aula Dinsos dihadiri Kades, Lurah, pendamping PKH, dan perangkat desa se-Kecamatan Kahayan Hilir.

Kabid Pemberdayaan dan Penanganan Fakir Miskin, Dinas Sosial, Mahdalene menjelaskan, verifikasi perlu dilakukan agar program yang digulirkan tepat sasaran. Sebab dalam beberapa kasus, bantuan seperti Rastra justru yang menikmati mereka yang tergolong sudah mampu. Hal ini karena acuannya data yang dipakai adalah data lama.

“Data itu mulanya benar saja dia tidak mampu. Namun seiring waktu, ekonomi dia bisa saja membaik dan sejahtera. Ketika bantuan turun, kan mengacu pada data lama, makanya dia bisa dapat. Dengan verifikasi maka kesalahan tersebut bisa diminimalisir,” ujar Mahdalene.

Sementara Kasi Indentifikasi dan Penguatan Kapasitas Dinsos Pulang Pisau (Pulpis) Mustafa mengatakan, jumlah data Basis Data Terpadu (BDT) di Kecamatan Kahayan Hilir sebanyak 3.136 jiwa. Data tersebut merupakan target sasaran penerima berbagai bantuan yang diberikan Pemerintah, seperti beras Rastra, bantuan PKH dan jenis bantuan lainnya.

“Hanya saja mungkin tidak semuanya di berikan tapi disesuaikan dengan jumlah Kouta bantuan yang ada. Misalkan jumlah bantuan rasta di Kahayan hilir hanya 1.370 jiwa, nah pemberiannya di berikan menyesuaikan rangking tingkat kemiskinan masyarakat. Karena itu verifikasi untuk mendapatkan data valid perlu kita lakukan. Kegiatan Verifikasi ini akan dilakukan di 8 Kecamatan hingga Agustus mendatang, ” tukasnya. (Sjy)

Reporter: Sjy
Editor:Cell

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan