Ada 409 Kejadian Karhutla, Luas Lahan Terbakar Kini Capai 1.405 Hektare - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Ada 409 Kejadian Karhutla, Luas Lahan Terbakar Kini Capai 1.405 Hektare

Diterbitkan

pada

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menangulangi Karhutla Foto: antara

BANJARBARU, Kasus kebakaran hutan dan lahan terus terjadi di Kalsel. Dari Januari hingga 28 Agustus 2018 ini, sudah tercatat sebanyak 409 kasus kebakaran lahan dengan total luas areal terbakar mencapai 1.405 hektare.

Dari ratusan kasus tersebut, sebagain besar didominasi oleh kebakaran lahan kawasan Areal Penggunaan Lain (APL) alias semak belukar. Sedangkan untuk perkebunan dan kehutanan masih minim. Hal ini sebagaimana disampaikan pada hasil breifing Karhutla di BPBD Kalsel, Rabu (29/8).

“Yang mendominasi hingga kini memang kebakaran pada semak belukar. Terutama pada lahan gambut yang memang cukup mudah terbakar pada puncak kemarau,” ungkap Kepala BPBD Kalsel Wahyuddin.

Berbagai upaya pemadaman api juga saat ini tengah dilakukan. Namun kendalanya memang ada daerah-daerah yang tidak terjangkau dengan baik alat pemadam dari satgas darat dan kini sudah dibantu dengan heli waterbombing. (Lihat Grafis Luas Lahan Terbakar, Red).

Saat ini, Helikopter berjenis M18 EY-222 dikerahkan untuk membasmi kebakaran di sejumlah lokasi. Termasuk di antaranya beberapa waktu lalu melakukan pengeboman air di daerah Guntung Damar Banjarbaru.

Sementara Plh BNPB Kota Banjarbaru Ahmad Syarif Nizami menjelaskan, pihaknya sedini mungkin telah mengerahkan kekuatan anggota untuk merespon cepat segala kemungkinan kebakaran lahan. BNPB Kota Banjarbaru mengakui telah mencover sekitaran 190 hektare dari awal hingga per 23 Agustus tadi. Dibantu oleh pihak BPBD Provinsi 150 hektare. Tak dipungkiri, ada beberapa bagian yang tidak tercover karena titik api yang luar biasa banyak.

Sejumlah pencegahan serta mitigasi juga dilakukan dalam bentuk Patroli Terpadu Pencegahan Karhutla Manggala Agni Balai PPIKHL Kalimantan di Provinsi Kalsel 12 pos menjangkau 48 desa rawan Karhutla. (rico)

KABUPATEN/KOTA LUAS
Banjarmasin 2 Ha

 

Banjarbaru 368,6 Ha
Banjar 272,1 Ha

 

Barito Kuala 8,3 Ha

 

Tapin

 

127,15 Ha
Hulu Sungai Selatan

 

133,1 Ha
Hulu Sungai Tengah 16,8 Ha

 

Hulu Sungai Utara 95,5 Ha

 

Balangan

 

27,5 Ha
Tabalong 17 Ha

 

Tanah Laut 293,8 Ha

 

Tanah Bumbu

 

36 Ha
Kotabaru

 

7,9 Ha
Reporter: Rico
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 5
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan