Connect with us

Kabupaten Banjar

Ada 14.589 KPM di Kabupaten Banjar Terima PKH

Diterbitkan

pada

Program keluarga harapan Foto : net

MARTAPURA, Hingga akhir 2018 Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Banjar sudah salurkan kepada 14.589 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Kabupaten Banjar Adi Kusuma Wijaya kepada Kanalkalimantan.com.

“Dari 14.589 KPM itu semuanya sudah tersalurkan semua, angka tersebut akan terus berkurang, karena sudah ada yang mandiri sehingga lepas dari PKH,” ujarnya.

Lebih jauh Adi mengatakan, mekanisme penetapan KPM PKH tersebut langsung dari Kementrian Sosial RI. Ada lima syarat yang harus terpenuhi diantaranya harus ada anak Balita, ibu hamil, anak usia sekolah, lansia dan penyandang disabilitas.

“Dasar penetapannyaitu adalah dari data Base Data Terpadu (BDT) kemiskinan yang ada di Kabupaten Banjar,” akunya.

Sementara itu dalam penyalurannya hingga sekarang, ada yang masih belum menerima, walaupun yang bersangkutan memenuhi syarat. Dikarenakan adanya kesalahan pendataan BDT sejak 2011 yang diperbaiki hingga 2015 lalu.

“Pendataan BDT itu bisa saja di input untuk selanjutnya diperbaharui enam bulan sekali, namun perubahan itu harus dengan keputusan Kementrian Sosial, sehingga bisa di-SK-kan. Mengenai ada yang masih belum menerima KPM itu kita tidak terlalu mengetahui persis mengapa bisa terjadi, mungkin dari pendataan awalnya,” akunya.

Dalam penyaluran kepada KPM penerima PKH tersebut mempunyai tahapan seperti melalui bantuan non tunai yang bisa diambil melalui bank yang sudah bekerjasama sebelumnya.

“Dalam satu tahun itu terbagi menjadi 4 tahap, pertrieulan penyalurannya, dengan besaran bantuan 1 KPM Rp 1,850 juta per tahun, sedangkan untuk lansia dan disabilitas Rp 2 juta,” pungkasnya. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share