ACT: Pemenuhan Kebutuhan Logistik Pengungsi Gempa Palu Jadi Prioritas - Kanal Kalimantan
Connect with us

ACT KALSEL

ACT: Pemenuhan Kebutuhan Logistik Pengungsi Gempa Palu Jadi Prioritas

Diterbitkan

pada

Korban gempa Palu memerlukan pemenuhan kebutuhan logistik Foto : ACT

DONGGALA, Pemenuhan kebutuhan logistik pasca bencana gempa dan tsunami di Palu, Donggala, dan sejumlah lokasi lain menjadi prioritas. Termasuk juga ketersediaan penampuangan sementara bagi pengungsi.

“Pengalaman kami menangani bencana skala besar seperti ini, dalam pekan ini tidak harus ada yang diperjuangkan kecuali penggerak logistik sebanyak-banyaknya. Pastikan tidak ada satu orang pun pengungsi, baik di Palu, Donggala, Parigi Moutong, juga Sigi yang mengalami kelaparan. Kami kira bantuan logistik makanan ini yang paling-paling harus disegerakan,” ujar Ahyudin dalam konferensi pers dan pembukaan Pusat Informasi Gempa Palu, Senin (1/10).

Menurut Ahyudin, pemenuhan pasokan logistik diharapkan dapat meminimalisir kabar “penjarahan” minimarket dan toko kelontong yang terjadi di daerah bencana. Segala macam kendala di lokasi bencana bukan menjadi alasan bagi ACT untuk tidak sesegera mungkin mengirimkan bantuan logistik.

“Kami per hari ini mengirimkan bantuan logistik dari Sidrap, Sulawesi Selatan, kurang lebih 1.000 ton beras dengan perjalanan 18 jam. Bersama TNI AL, kami baru akan memberangkatkan Kapal Kemanusiaan dari Surabaya Sabtu esok kurang lebih 1.000 ton beras juga. ACT Insya Allah dalam 10 hari ke depan ini tidak akan kurang mengirim 5.000 ton logistik bantuan ke Palu,” jelas Ahyudin.

Selain makanan, ACT juga menyiapkan tenaga medis, keperluan obat-obatan, tim evakuasi SAR, juga penguasaan teritorial bencana dengan maksud melakukan pemetaan dampak bencana. Upaya ini, menurut Ahyudin dimaksimalkan guna meluaskan distribusi bantuan. “Hingga hari ini, ACT telah mengupayakan berbagai hal di Palu, termasuk mengirimkan ribuan relawan ahli untuk turut membantu masyarakat terdampak gempa di Palu,” ungkapnya.

Sementara Lombok dipulihkan, penyelesaian darurat logistik dan evakuasi jenazah akan dimasifkan di Palu. ACT merilis tagar, mengajak semua bergerak untuk kemanusiaan membantu Palu. Tagar itu bertajuk #IndonesiaBersamaPaludanDonggala.(actkalsel)

Reporter : ACTKalsel
Editor : Chell

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan