Connect with us

Kota Banjarmasin

Sejak Januari 2019, SP4N-LAPOR Terima 556 Pengaduan Warga Banjarmasin

Diterbitkan

pada

Walikota Ibnu Sina meminta seluruh SKP merespons pelaporan yang disampaikan warga Foto : mario

BANJARMASIN, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan dari Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N-LAPOR) pihaknya telah menerima sebanyak 556 laporan warga. SP4N terutama menerima pelaporan terkait pembangunan infrastruktur, retribusi, parkir liar dan pungutan, masalah penertiban, PKL, penegakan Perwali atau Perda, dan sejumlah pelayanan lainnya.

Pada Juni-Desember 2017, jumlah pengaduan yang masuk sekira 360 laporan. Kemudian di tahun 2018 jumlah pengaduan masyarakat itu meningkat menjadi 717 laporan. Dan di tahun 2019 ini sejak Januari hingga April, sudah tercatat 556 laporan.

“Saya selalu menekankan agar setiap laporan yang masuk segera ditangani, paling lama dua sampai tiga hari kerja, dengan begitu presentasi penyelesaiannya bisa menyapai di atas 90 persen,” ujar Ibnu Sina.

SP4N-LAPOR adalah aplikasi milik Pemko Banjarmasin yang telah terhubung dengan 41 SKPD termasuk Perusda seperti PDAM dan PD PAL. Ke depannya, Pemko Banjarmasin akan menggunakan data dari laporan warga ini sebagai salah satu input, atau dasar dalam pengambilan kebijakan.

Komitmen itu dinyatakan dalam bentuk penandatangan yang dilakukan langsung oleh Wali Kota Ibnu Sina beserta seluruh kepala SLPD, Camat, dan Kabag sekota Banjarmasin yang dilaksanakan di Ball Room Hotel Swiss Bell Hotel Banjarmasin.

Sementara itu, Pimpinan United States Agency for International Development (USAID) of Indonesia, Anders Mantius, yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut mengatakan, USAID sangat menghargai keterbukaan Pemko Banjarmasin yang telah menggunakan masukan berupa keluhan dan kritik dari masyarakat sebagai langkah strategis, dalam upaya mewujudkan kota yang lebih nyaman dan sejahtera bagi masyarakat.

“Pemerintah punya tugas untuk mendengarkan masukan dari masyarakat untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ujarnya.(mario)

Reporter : Mario
Editor : Chell


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->