Connect with us

HEADLINE

Sebanyak 3.831 Jamaah Calon Haji Kalsel Siap Berangkat ke Tanah Suci

Diterbitkan

pada

Ribuan jamaah calon haji Kalsel akan segera berangkat ke tanah suci Foto: Ammar

BANJARMASIN, Sebanyak 3.831 jamaah calon haji asal Kalsel akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah pada pertengahan Juli 2018 ini. Kepastian pemberangkatan para tamu Allah ini disampaikan Kepala Kemenag Provinsi Kalsel H Noor Fahmi.

Jamaah calon haji kloter pertama akan masuk asrama atau pemondokan sementara sebelum berangkat ketanah suci Makkah pada tanggal 18 Juli 2018. “Masuk asrama tanggal 18 Juli. Kita berkumpul di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Kemudian sekitar jam 15.00 Wita sudah berada di asrama haji. Dan pada tanggal 19 Juli 2018 sekira pukul 19.00 Wita, diberangkatkan menuju Madinah,” ujarnya.

Ia juga menyatakan, jumlah jamaah calon haji Kalsel yang berangkat pada tahun 2018 ini tidak berbeda dengan tahun 2017 lalu. Untuk jamaah terbanyak, tahun ini ada di Kota Banjarmasin.

Selama berada di tanah suci Makkah nanti, kata Noor Fahmi, jamaah calon haji akan mendapatkan konsumi sebanyak 40 kali. Terdiri dari 2 kali makan siang dan malam, dan untuk pagi harinya akan mendapatkan konsumsi snack berat.

Ia berharap, selama berada di tanah suci para jamaah haji Kalsel kompak dan saling berkoordinasi. “Saya berharap selama berada di tanah suci rombongan jangan berpisah-pisah, kemudian identitas seperti gelang dan lainnya jangan dilepas atau hilang,” harapnya.

Menyinggung tentang kegiatan manasik haji itu sendiri, Noor Fahmi menerangkan kegiatan tersebut akan dilaksanakan sebanyak 10 kali. Dua kali oleh Kemenag Kalsel dan sisanya oleh KUA di Kecamatan.

Kepada para panitia khususnya petugas haji, ia kembali mengharapkan agar benar-benar melakukan seleksi kesehatan terhadap para jamaah calon haji, sehingga saat mereka masuk asrama kondisinya benar-benar sehat dan siap diberangkatkan. Hal lain yang disampaikannya saat itu tentang kebijakan pemerintah terhadap para calon jamaah haji Indonesia.

Katanya, untuk tahun 2018 ini tepatnya sebelum rangkaian kegiatan haji dilaksanakan, bagi calon jamaah haji yang meninggal dunia, maka keberangkatannya bisa digantikan dengan ahli warisnya

Sementara itu, Kemenang Kota Banjarmasin M Rofi’i juga menjelaskan, tahun 2018 ini jumlah jamaah calon haji Kota Banjarmasin yang berangkat ke tanah suci sebanyak 681 orang. Terdiri 308 laki-laki dan 383 perempuan. “Usia tertua jamaah calon dari Kota Banjarmasin ada dua orang 78 tahun dan 77 tahun. Sedangkan yang termuda juga dua orang berumur 19 tahun,” ujarnya.

Iapun berharap, para jamaah calon haji dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan manasik haji, dan melaksanakan syarat-syarat berhaji. “Jadi tolong ikuti manasik haji, kemudian jaga kesehatan,”

Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah yang masuk dalam rombongan keberangkatan pada kloter pertama embarkasi Syamsudin Noor, berharap, keberangkatan jamaah calon haji asal Kota Banjarmasin tahun 2018 ini tidak mengalami kendala dan dapat berjalan lancar. “Mohon doanya agar seluruh jamaah calon haji asal Kota Banjarmasin saat berangkat kemudian menjalankan ibadah berjalan lancar, dan sekembalinya ke tanah air menjadi haji yang mabrur,” katanya.(ammar)


Reporter: Ammar
Editor: Chell


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->