Connect with us

Kabupaten Hulu Sungai Utara

Diskoperindag HSU Bekali Pelaku IKM Pengolahan Pangan Bikin Kemasan

Diterbitkan

pada

Diskoperindag UKM HSU menyelenggarakan pelatihan tentang pengolahan pangan dan kemasan bagi industri kecil menengah. Foto: dew

KANALKALIMANTAN.COM, AMUNTAI – Dinas Koperasi Perindustrian, Perdagangan Usaha Kecil Menengah (Diskoperindag UKM) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mendorong pelaku usaha produk pangan lebih terampil dalam pengolahan dan kemasan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskoperindag UKM HSU, Muhammad Yani mengatakan, sebagai wujud meningkatkan kualitas keterampilan para pelaku usaha di bidang pangan, Diskoperindag HSU menyelenggarakan pelatihan tentang pengolahan pangan dan kemasan bagi industri kecil menengah.

Pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) perlu menyiapkan bekal diri pengetahuan tentang cara produksi dan pengemasan untuk meningkatkan nilai jual produk bersaing di pasar lebih luas.

Peserta pelatihan sebanyak 20 orang yang terdiri dari pelaku IKM se HSU. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, 27-29 Mei 2022, di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan HSU.

 

Baca juga  : Aniaya Petugas SPBU di Jalan G Obos Bawa Mandau, Aksi Pelaku Terekam CCTV

“Kita mengharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan palatihan pangan ini, produk-prodok olahan mampu bersaing. Setelah 3 hari kegiatan pelatihan produk, dilanjutkan pelatihan kemasan agar produk,” kata Muhammad Yani, Sabtu (28/5/2022).

Saat ini kendala para pelaku usaha IKM adalah kurangnya sumber daya manusia yang bisa membuat konsep desain sebuah produk yang disenangi oleh konsumen sekarang.

“Melalui pelatihan ini, bisa mendapatkan desain produk apa yang disukai pasar (kalangan) milenial sekarang,” katanya.

Selain itu, masih banyak pelaku usaha IKM yang menggunakan kemasan yang tidak sesuai dengan standar, seperti tidak mencantumkan identitas produk dan izin edar.

 

Baca juga  : Banjir Rendam Tiga Dusun di DAS Barito Kecamatan Dushil Barsel

“Biasanya permasalahan paling menonjol di kemasan dan perizinan. Mungkin setelah pelatihan ini kedepannya akan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan untuk bisa memfasilitasi berupa perizinan Produksi Industri Rumah Tangga (PIRT),” tukasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK HSU, Erlian Noor Fauziah saat membuka kegiatan pelatihan pangan mengatakan, kegiatan pelatihan teknik pengolahan pangan bagi IKM sangat diperlukan guna mengolah produk yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing tinggi.

Ia berharap kegiatan ini mampu meningkatkan pendapatan pelaku usaha IKM di HSU dan membuka peluang tenaga kerja lebih luas.

“Mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat, sekaligus mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi,” harap Erlian. (Kanalkalimantan.com/dew)

Reporter : dew
Editor : bie


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->