Connect with us

Kabupaten Balangan

Dinsos Balangan Berdayakan Anak Remaja Putus Sekolah

Diterbitkan

pada

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo.

KANALKALIMANTAN.COM, PARINGIN – Upaya pemberdayaan masyarakat demi meningkatkan sekaligus menyejahterakan warga di Kabupaten Balangan, Dinas Sosial Balangan programkan pembentukan kelompok usaha bersama dan pemberdayaan untuk anak remaja putus sekolah.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan, Ribowo mengatakan, pihaknya membantu masyarakat dalam peningkatan perekonomian dengan cara membentuk suatu kelompok usaha bersama dinaungi Dinas Sosial.

“Kami membantu masyarakat yang memiliki produk dengan memenuhi keperluan mereka dalam menjalankan usahanya, tentu saja mereka harus mengajukan proposal terlebih dahulu kepada Dinas Sosial,” ujar Ribowo, Senin (19/4/2021)

Selain itu, pihaknya memberikan pembinaan kepada kelompok usaha bersama dengan memberikan edukasi dan sosialisasi bagaimana cara menjalankan usaha tersebut.

 

 

Program untuk anak remaja yang putus sekolah, menjadi salah satu program dari Dinas Sosial dengan cara mengikutkan pelatihan ke Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) milik Pemerintah Provinsi Kalsel.

Anak-anak yang terlantar dalam artian putus sekolah dan tidak bekerja harus dilakukan pembinaan agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatif, salah satunya dengan diikutkan dalam pelatihan di PSBR.

“Di sana mereka akan dilatih selama 6 bulan, dan setelah pulang mereka akan mendapatkan permodalan berupa alat dari jurusan yang mereka ambil, seperti jurusan menjahit akan mendapatkan mesin jahit,” jelasnya.

Ia berharap, adanya program ini akan membantu masyarakat dari segi perekonomian dan mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Balangan. (kanalkalimantan.com/alfi)

Reporter : alfi
Editor : kk

 

 

 


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->