7 Barang Ini Terancam Punah Karena Tergantikan Fungsinya Oleh Smartphone - Kanal Kalimantan
Connect with us

Teknologi

7 Barang Ini Terancam Punah Karena Tergantikan Fungsinya Oleh Smartphone

Diterbitkan

pada

Foto : Net

Internet of Things (IoT) diawali dengan mulainya tergantikan era featured phone oleh smartphone. Dan perkembangan pesat teknologi yang terkait IoT ini sangat memudahkan hidup kita. Bahkan saking mudah dan praktisnya teknologi saat ini, beberapa hal yang dulu sering kita gunakan dalam berbagai aktifitas. Berikut uraikan 7 Barang Ini Terancam Punah Karena Tergantikan Fungsinya Oleh Smartphone

Buku Catatan

Mungkin di sekolah masih menggunakan buku, tapi di kantor? Coba deh kamu perhatikan berapa banyak sih yang masih pake buku untuk nyatet beberapa catatan penting. Sekarang banyak orang, termasuk Jaka, membuat catatan di Evernote supaya segala informasi yang diperoleh tidak perlu lagi disimpan di berlembar-lembar kertas dalam buku. Buku menambah beban barang bawaan dan juga bisa rusak. Selain itu, pake Evernote membuat berapa banyak pun catatan kita tetap bisa diakses dimana pun.

Buku Bacaan

Sejak kenal Scoop dan Bookmate, Jaka yang suka baca tidak pernah tuh beli buku ke toko buku. Selain menuhin ruangan, kalo makin banyak buku yang dibawa juga bakalan berat. Kalo pake Scoop kan beli buku sebanyak apa pun tetap gampang dibawa buat dibaca kapan pun dan dimana pun. Walau begitu, mungkin ada beberapa orang di antara kamu yang masih suka beli buku bacaan di toko buku karena suka dengan aroma khasnya. Atau karena memang buku tersebut tidak ada di E-book.

Koran

Dulu, koran bisa dibilang merupakan sumber informasi utama bagi masyarakat. Sekarang, koran sudah mulai digantikan perannya dengan berbagai macam website berita yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Media-media ternama yang mencetak koran sendiri pun sudah mulai menyadari hal itu dan mulai lebih memperhatikan layanan berita online serta aplikasi mereka untuk menyajikannya secara rapi.

Surat

Ya, sejak ada internet, surat konvensional sudah mulai tergantikan oleh email. Bukan hanya surat biasa, bahkan ucapan hari raya pun sekarang disebar menggunakan SMS dan Facebook. Komunikasi dengan kerabat jauh juga semakin mudah dan murah dengan banyaknya aplikasi chatting dan media sosial di smartphone, seperti BBM, LINE, WhatsApp, dan lainnya yang membuat jarak jadi dekat dalam genggaman tangan.

Televisi

Dulu, memiliki TV di rumah merupakan suatu kebanggaan, karena selain jaminan kamu akan mendapatkan banyak berita yang informatif, di TV juga ditayangkan konten hiburan. Tapi sekarang, Jaka bahkan tidak pernah tuh nonton TV. Jaka lebih suka streaming YouTube atau bahkan jika harus nonton TV pun Jaka memilih streaming channel TV yang diinginkan.

Beda kasus jika kamu memang ingin menonton acara yang ditayangkan channel luar atau TV kabel. Tapi, jika kamu hanya mengincar satu atau dua acara di satu channel, atau hanya ingin menonton film seperti Jaka, cukup dengan streaming atau download dari smartphone saja deh!

Album Foto

Sejak kenal Facebook, foto-foto kenangan bersama teman sejak masa sekolah dulu semuanya di-upload kesana. Dan sejak ada smartphone yang dibekali kamera beresolusi tinggi, Jaka semakin eksis di Facebook, Path, dan Instagram. Selain gak ribet, semua foto yang disimpan disana pun akan awet dan tidak rusak seperti halnya kita mencetak foto tersebut. Hari gini gak punya Facebook atau Instagram? Duh!

Walkman

Buat kamu yang pernah menikmati indahnya tahun 90-an, Walkman merupakan sebuah barang mewah karena merupakan alat pemutar musik yang bisa dibawa kemana-mana. Kini di era IoT, dimana smartphone dan internet serta alat-alat penyimpanan mulai berkembang, kita sekarang bisa men-download dan menyimpan lagu dalam jumlah yang sangat banyak di gadget dan di media penyimpanan kita.(jib/jlntikus)

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan