Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

50 Ecotourism Kalsel Akan Diperkenalkan Saat Kunjungan Delegasi Finlandia

Diterbitkan

pada

Kalsel memiliki banyak kawasan wisata ekologi yang bisa dikembangkan Foto: net

BANJARBARU, Persiapan menyambut kunjungan delegasi Finlandia yang akan berkunjung ke Kalsel terus dilakukan Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel. Termasuk diplomasi makan siang bersama Duta Besar Finlandia di salah satu rumah makan di Jakarta, beberapa waktu lalu guna membahas ecotorism.

Sekretaris Dishut Kalsel Warsita S. Hut, M.P mengatakan, berdasarkan arahan dari Kadis Kehutanan Kalsel, Prov DR Hanif Faisol Nurofiq, S.Hut, MP, kedatangan delegasi Finlandia nantinya akan langsung disambut oleh Dinas Kehutanan. Selanjutnya mereka akan diarahkan menuju kawasan Tahura Sultan Adam, Mandiangin, Kabupaten Banjar, hingga menuju kawasan Air Terjun Haratai yang terletak di Desa Haratai Kecamatan Loksado, Hulu Sungai Selatan.

“Rencananya mereka di tempat kita selama 5 hari dan akan kita arahkan mengunjungi ecotourism Kalsel. Dari Kawasan Mandiangin Kabupaten Banjar, Floating Market, Penangkaran Bekantan di Pulau Bakut, Pasar CBS Martapura hingga Kawasan air terjun Haratai di Hulu Sungai Selatan, ” jelas Warsita.

Menurut Warsita, adapun Tim delegasi Finlandia yang akan datang tersebut di antaranya terdiri dari wartawan TV , majalah wisata & mode, blogger dan tour operator. Sementara jadwal kedatangan mereka yang direncanakan datang pada Maret 2019. Namun, kemungkinan akan diundur mengingat berbarengan dengan haul Abah Guru Sekumpul.

“Untuk jadwal pasti kedatangan mereka kita masih tidak dapat memastikan, mengingat rencana sebelumnya pada bulan Maret itu berbarengan dengan Haul di Sekumpul, sepertinya akan di undur, masih kita diskusikan lagi dan menunggu juga,” terangnya.

Ditambahkan Warsita, tujuan dari kedatangan delegasi Finlandia ini diharapkan dapat memperkenalkan 50 Ecotourism Kalimantan Selatan di mata International. Mengingat sebuah kebanggaan dan kelebihan kalsel ini ada di Ecotourism sehingga perlu di dipromosikan hingga ke Finlandia.

“Salah satu kelebihan Kalsel ini ada di Ecotourism, jadi nanti pak kadis akan memperkenalkan 50 Ecotourism, karena memang itu unggulannya makanya kita promosikan sampai ke Finlandia,” jelasnya.

Sementara Finlandia sendiri diketahui Warsita, 85 % Kawasan hutannya tertutup oleh pohon-pohon, dan semua lapisan masyarakat sudah merasa mencintai dan memiliki dengan Kawasan hutan itu sendiri. Sehingga dengan kedatangan delegasi Filnlandia nanti diharapkan dapat mempromosikan Ecotourism yang ada di Kalsel dan dapat meningkatkan pelaku pariwisata sendiri hingga kancah internasional.

Masa depan pariwisata di Indonesia yang mengusung konsep wisata ekologis (ecotourism) sangat menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo mendukung pengembangan kawasan pariwisata yang menawarkan konsep berbeda, yang bisa menarik wisatawan mancanegara ke Tanah Air, sekaligus menciptakan tenaga kerja di daerah setempat. (rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 25
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    25
    Shares
-->