4 Ha Lahan Terbakar di Guntung Manggis, BPBD Catat Sudah 26 Kali Kebakaran - Kanal Kalimantan
Connect with us

HEADLINE

4 Ha Lahan Terbakar di Guntung Manggis, BPBD Catat Sudah 26 Kali Kebakaran

Diterbitkan

pada

Personil BPBD Banjarbaru dipaksa berjibaku dengan api di lahan kosong di Kelurahan Guntung Manggis. Foto : istimewa

BANJARBARU, Kebakaran lahan kosong terjadi di Kelurahan Guntung Manggis, Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru terus meluas. Sebanyak 15 personil BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Banjarbaru dipaksa berjibaku dengan api yang membakar hampir 4 hektare lahan kosong, Kamis (9/8) pukul 17.00 Wita.

Api yang menyala ini sendiri masih terus berkobar hingga membuat beberapa kali anggota BPBD mencari sumber air untuk memadamkan api. Selain sumber air yang sulit dicari, minimnya jumlah personil BPBD Banjarbaru membuat pemadaman mengalami sedikit kendala.

Plt Kepala BPBD Banjarbaru Ahmad Syarief Nizami mengungkapkan, meskipun seluruh personil telah dikerahkan namun titik api yang besar dan sumber air yang sulit ditemukan membuat pihaknya kewalahan.

“Semua petugas kita kerahkan baik yang lapangan maupun yang bukan petugas lapangan, tapi karena memang titik apinya besar dan sumber air sangat jauh dari lokasi ini, membuat kita sedikit kesulitan,” akunya.

Butuh waktu kurang lebih 3 jam untuk api berhasil dikuasai. Meski begitu Ahmad Syarief Nizami mengungkapkan, pihak BPBD Banjarbaru masih bisa mengatasi api yang kali ini hampir mendekati permukiman warga yang hanya berjarak sekitar 50 meter dari rumah warga.

“Kita masih atasi kebakaran di sini. Saat BPBD Provinsi, TNI dan Kepolisian fokus di Guntung Damar, memang cukup kewalahan, tapi ini harus kita padamkan, bahaya kalau sampai ke permukiman warga,” ungkapnya.

Data yang dimiliki BPBD Banjarbaru, hingga tanggal 9 Agustus 2018 sudah 26 kali kejadian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Banjarbaru. Rencananya BPBD Banjarbaru akan menggelar apel siaga Karhutla dalam waktu dekat. Maraknya terjadi kebakaran lahan di wilayah Kota Banjarbaru, BPBD Banjarbaru masih melakukan piket harian, tapi belum membangun posko. “Dalam waktu dekat ini kita akan bangun posko, rencananya di Guntung Manggis,” pungkasnya. (rico)

Reporter:Rico
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
  • 13
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan