Connect with us

Teknologi

2018, Anak Muda Tinggalkan Facebook Karena Orangtua?

Diterbitkan

pada

Foto : net

Beberapa tahun belakangan Facebook disesaki pengguna golongan umur tua. Tren ini terus berlangsung meski Facebook telah berusaha “memudakan diri”, antara lain dengan menggencarkan konten video.

Nyatanya, anak muda telah menemukan “rumah baru”, yakni di Instagram dan Snapchat. Agaknya para anak muda tak ingin berjejaring dengan para orangtua.

Lembaga riset Halifax Digital Home Index melakukan survei terhadap lebih dari dua ribu responden. Hasilnya, 32 persen pengguna internet usia 16 sampai 34 tahun mengaku menghapus akun Facebook mereka karena para orang tua mulai menggunakan Facebook juga. Yang lebih menggelitik, sekitar 33 persennya mengatakan telah menghapus atau memblokir akun anggota keluarga mereka.

Pengguna Instagram diestimasikan akan berkembang lebih masif ketimbang Snapchat. Secara total, tanpa mempertimbangkan rentang usia, pengguna Instagram disebut-sebut bakal meningkat 13,1 persen menjadi 104,4 juta.

Snapchat pun akan menghimpun lebih banyak basis pengguna, meski tak sesignifikan Instagram. Tahun ini eMarketer memperkirakan Snapchat mewadahi 86,5 juta pengguna atau meningkat 9,3 persen dari 2017. Sejauh ini, tercatat 59 persen orang tua yang memiliki akun Facebook, 23 persennya sudah mendaftarkan diri sejak tiga tahun lalu, yakni sekitar tahun 2012.

“Generasi tua cenderung menggunakan perangkat dan aplikasi baru jika ada keperluan yang pasti. Misalnya mereka menggunakan Skype untuk berhubungan jarak jauh dengan keluarga,” ungkap Lord Kinght of Weymouth selaku impinan Tinder Foundation.

Sedangkan generasi muda, menurut Weymouth, mengadopsi media sosial terbaru untuk tetap berada di bawah radar orang tua mereka.

Generasi tua tercatat ada sebanyak 32 persen yang menggunakan aplikasi Skype dan 17 persennya menggunakan pesan instan WhatsApp di ponsel mereka.(mujib/berbagai sumber)

Reporter : Mujib/berbagai sumber
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->