Connect with us

HEADLINE

Pasca KPK Tetapkan Bupati Banjarnegara Tersangka, Warga Potong Tumpeng

Diterbitkan

pada

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengenakan rompi tahanan usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/9/2021). Foto: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyantoeviyanto

KANALKALIMANTAN.COM – Pasca penetapan tersangka Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono atas kasus dugaan korupsi, sejumlah asosiasi kontraktor menggelar acara potong tumpeng.

“Bukan karena BS ditetapkan jadi tersangka, melainkan kami mengapresiasi kinerja KPK yang selama ini dianggap menurun, tapi ternyata kemarin malam bisa membuktikan,” ungkap Setiawan Budiarto, Ketua Forum Banjarnegara Bersatu (FBB), Sabtu (4/9/2021).

Acara potong tumpeng dilaksanakan di kediaman Setiawan Budiarti yang berada di Pucang, Kecamatan Bawang, Banjarnegara. Acara dilaksanakan di joglo halaman belakang dan memasang Banner sebanyak empat buah.

Banner yang dipasang sama persis dengan yang terpampang di Alun-alun yakni ‘Terimkasih KPK telah menyelamatkan Banjarnegara’, dan ‘Kemenangan satriya satriya pinunjul Banjarnegara’.

 

 

Proses pemotongan tumpeng diawali dengan doa bersama yang dihadiri oleh Forum Pengusaha Jasa Konstruksi (Forjasi).

Iwan mengatakan, meski hubungan antar kontraktor di Banjarnegara sempat berselisih namun pihaknya tidak berharap terjadi adanya permusuhan.

Baca juga: Oknum Polisi dan Seorang Perempuan Terlibat Kasus Narkotika Ditangkap Polres HST

“Mohon maaf untuk teman-teman yang selama ini antusias dan sangat mendukung bupati, kami tidak ada musuhan sama sekali dengan mereka. Jangan demo karena sosok Wing Cin, tapi karena Banjarnegara,” ujar dia.

“Jadi kami undang yang selama ini mendukung bupati mari gabung, termasuk KA, setelah keluar mau gabung nggak papa, atau bupati kalau mau bergabung silakan,” tambah dia.

Forjasi dan FBB potong tumpeng atas status tersangka Bupati Budhi Sarwono oleh KPK, Sabtu (4/9/2021). Foto: Suara.com/Citra Ningsih

Dalam kesempatan berbeda, Tokoh Masyarakat pengasuh Pondok Pesantren Tanbihul Ghofiliin Banjarnegara KH M Chamzah Hasan mengingatkan potensi munculnya konflik horizontal cukup besar lantaran masing-masing kubu masih mempertahankan opininya.

Menurut dia, hal tersebut dapat memancing emosional dan menimbulkan konflik yang dapat berujung konflik fisik.

“Kita yang di lapangan paham persis. Masyarakat masih terkotak-kotak. Ini sangat rawan kalau disulut,” tambahnya.

Baca juga: Geger Warga Ditinggali Benda Mirip Emas dan Berlian dari Orang Misterius di Amuntai

Pihaknya juga menyampaikan prihatin pasca penetapan BS selaku Bupati Banjarnegara dan mengajak masyarakat untuk menghormati proses hukum.

“Menyampaikan prihatin atas kejadian ini, dan mari tetap menghormati proses hukum. Semua harus menjaga kondusivitas dan masyarakat jangan mudah terprovokasi,”ajak dia.

Ia juga mengingatkan bahwa proses masih berjalan seperti yang disampaikan oleh KPK bahwa pihaknya masih harus mendalami kasus.

“Tetap pada praduga tak bersalah, jangan menjustifikasi karena ini masih berjalan,” pungkasnya.

Kiprah Bupati Banjarnegara: Dapat Penghargaan WTP Berturut-turut

Kabar mengejutkan datang setelah BS ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK atas dugaan korupsi dan gratifikasi atas pengadaan barang dan jasa, Jumat (3/9/2021) malam.

Selama ini, sosok yang akrab disapa Wing Cin itu sempat meraih sejumlah penghargaan saat memimpin Banjarnegara.

Salah satunya predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk tahun 2019.

Baca juga: Oknum Polisi dan Seorang Perempuan Terlibat Kasus Narkotika Ditangkap Polres HST

Penghargaan tersebut ditunjukkan kepada daerah yang berhasil mengelola keuangannya dengan standar tertinggi. Sementara Kabupaten Banjarnegara berturut-turut mendapatkan penghargaan selama 8 kali, termasuk ketika Budhi menjabat sebagai bupati.

Meski penuh kontroversi dan kerap viral di sosial media, Budhi dinilai memberikan kontribusi besar dengan meningkatkan dan memperbaiki akses jalan di Banjarnegara yang sebelumnya terkenal jalan rusak.

Tak heran jika kabar KPK atas penetapan Bupati Banjarnegara sebagai tersangka menjadi banyak menyita perhatian masyarakat. Kini dia ditahan oleh KPK hingga 22 September 2021 mendatang untuk memperlancar tahapan pemeriksaan. (Suara.com/Citra Ningsih)

Editor: kk


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->