Connect with us

Kalimantan Timur

Kebakaran Kembali Terjadi di Gunung Bugis Balikpapan

Diterbitkan

pada

Kebakaran di Jalan Sultan Hasanuddin Gunung Bugis RT 38 dan RT 40 Kelurahan Baru Ulu, Kecamatan Balikpapan Barat, Kamis (17/6/2021). Foto: ist

KANALKALIMANTAN.COM, BALIKPAPAN – Kawasan permukiman di Gunung Bugis Kecamatan Balikpapan Barat, Kota Balikpapan, dilalap si jago merah, Kamis (17/6/2021) sekitar pukul 14.20 Wita.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui penyebab pasti kebakaran yang melanda kawasan jalan Sultan Hasanuddin Gunung Bugis, RT 38 dan RT 40, Kelurahan Baru Ulu itu.

Butuh waktu sekitar dua jam untuk bisa memadamkan api yang berkobar sejak sekira pukul 14.20 Wita. Kekinian, setelah pemadaman selesai, tengah melakukan proses pendinginan. Berdasarkan catatan yang ada, untuk sementara terdapat belasan rumah yang terbakar.

“Sementara datanya 12 rumah terbakar,” sebut Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno seperti dilansir Inibalikpapan.com -jaringan Suara.com.

 

 

Sementara itu, Kabid Kedaruratan dan Pencegahan BPBD Kota Balikpapan, Usman mengatakan, pihaknya belum mengetahui penyebab kebakaran. Tetapi yang jelas, katanya, api cepat membesar karena material bangunan kebanyakan dari kayu sehingga mudah terbakar.

Diduga asal api berasal dari rumah pak Azis. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian. Jumlah rumah yang terbakar 10 buah di RT 38 dan sebuah rumah di RT 40.

Warga terdampak sementara berjumlah 10 KK di RT 38 dengan jumlah 41 jiwa. Sedangkan di RT 40 ada 2 KK dengan jumlah 6 Jiwa. Total jumlah keseluruhan di dua RT yakni 12 KK (47 jiwa). Pada saat terjadi kebakaran awal api diduga dari rumah ditinggal dalam kondisi kosong, pemiliknya tidak ada.

Sebelumnya, sejumlah rumah di kawasan Gunung Bugis terbakar pada Sabtu (5/6/2021) malam.

Dalam kebakaran tersebut, polisi telah menetapkan satu tersangka yang diduga menyulut kebakaran yang menyebabkan 21 rumah hangus di empat RT dan satu orang meninggal dunia karena terbakar.

Korban yang meninggal dunia tersebut teridentifikasi seorang pria berusia 53 tahun yang tak lain merupakan orang tua tersangka berinisial BB, yakni Haruna.

Baca juga: Kedatangan Tim Kemenparekaf RI, Bahas Potensi Desa Wisata di Kapuas

Dalam keterangannya, Kapolresta Balikpapan Kombes Turmudi mengatakan pihaknya belum menyimpulkan penyebab kebakaran yang menyebabkan satu warga tewas pada Sabtu (5/6/2021) malam.

“Kita jangan secepat itu menyimpulkan. Kalau mengarah ke yang bersangkuitan juga kita belum bisa mengambil keterangannya,” ujar Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Turmudi seperti dilansir Inibalikpapan.com-jaringan Suara.com pada Senin (7/6/2021).

Dia mengatakan, untuk menyimpulkan penyebab kebakaran harus berdasarkan informasi yang kuat dari saksi dan bukti yang kuat. “Sampai saat ini kita belum mendapatkan,” ujarnya. (kanalkalimantan.com/suara.com)

Editor : kk


iklan

MUSIC HITS with VOA


Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->