Connect with us

Dispersip Kalsel

Webinar Penyelamatan Arsip Pasca Bencana, 1.200 Orang Sudah Mendaftar

Diterbitkan

pada

Webinar nasional Penyelamatan Arsip Akibat Bencana pada tanggal 17 Maret mendatang. Foto: dispersip kalsel

KANALKALIMANTAN.COM, BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menghimbau dinas kearsipan kabupaten/kota untuk melakukan pencegahan dan respon secara cepat terhadap penyelamatan arsip pasca bencana banjir di Kalsel.

Dispersip Kalsel menyiapkan langkah strategis dampak kerusakan arsip dan tindakan preventif menghadapi bencana serupa yang kemungkinan terjadi belakang hari.

Upaya itu dilakukan dengan melalui webinar nasional Penyelamatan Arsip Akibat Bencana pada tanggal 17 Maret mendatang.
“Sehingga potensi bahaya terhadap kerusakan arsip negara dari becana dapat diminimalkan,” kata Kadispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie, Senin (8/3/2021).

“Sudah ada 1.200 orang pendaftar yang akan ikut dalam acara webinar nasional Penyelamatan Arsip Akibat Bencana yang masuk ke kami,” aku Bunda Nunung -biasa disapa-.



Dispersip Kalsel menyiapkan kuota 10.000 peserta yang bisa ikut dalam webinar.
Kepala Dispersip Kalsel mengungkapkan, hal tersebut dilakukan untuk membantu para korban banjir dan gunung melerus yang mengalami kerusakan arsip akibat bencana tersebut.

Penanganan penyelamatan arsip dilakukan dalam penanggulangan pasca bencana banji di beberapa wilayah di Kalsel.

Menurut Nurliani, ada beberapa langkah guna penyelamatan dan perlindungan arsip ketika terjadi bencana, khususnya bencana banjir.

Di antaranya mengevakuasi arsip negara ke tempat yang aman, membersihkan arsip dari lumpur/kotoran menggunakan air bersih, menyemprotkan larutan alkohol/etanol 70 persen ke seluruh permukaan arsip secara merata. (kanalkalimantan.com/rls)

Editor : kk

 

 

 


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->