UIN Antasari Apresiasi Alumni dengan Antasari Award - Kanal Kalimantan
Connect with us

Pendidikan

UIN Antasari Apresiasi Alumni dengan Antasari Award

Diterbitkan

pada

Para penerima Antasari Award bersama Rektor UIN Antasari Prof Dr Mujiburrahman Foto : Arief Rahman

BANJARMASIN, Memperingati Milad ke-54 tahun, Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari menggelar kegiatan Antasari Award sekaligus memperingati 100 tahun Zafry Zamzam.

Menurut Rektor UIN Antasari Prof Dr Mujiburrahman, Antasari Award merupakan apresiasi UIN Antasari kepada tokoh yang berjasa dalam memperjuangkan dan membawa nama baik UIN Antasari, serta para alumni yang sudah mengabdi untuk kemaslahatan dan kemajuan agama dan masyarakat di daerah tertinggal.

“Antasari Award kali ini kami juga memberikan penghargaan kepada pihak luar  yang menjaga dan melestarikan sejarah, kebudayaan dan kesenian daerah,” tegasnya, Rabu (21/11/2018).

Dirinya pun dalam kesempatan ini berharap, adanya Antasari Award diharapkan bisa memotivasi lebih banyak lagi alumni UIN Antasari yang mampu berprestasi dan berkiprah dalam berbagai bidang strategis baik di tingkat lokal hingga nasional.

“Ini juga kami harapkan bisa memotivasi mahasiswa UIN Antasari untuk bisa belajar lebih giat lagi. Supaya setelah lulus nanti mereka juga bisa sukses sama seperti alumni UIN Antasari berperestasi lainnya,” tambahnya.

Sekadar diketahui, Award Antasari yang diberikan untuk kategori pendiri dan pengembangan UIN Antasari Banjarmasin yaitu H Zafry Zamzam, H Mastur Jahri MA, Drs HM Asy’ari MA, Prof Dr H Alfani Daud, Prof Dr KH M Asywadie Syukur LC, Prof Dr H Kamrani Buseri MA, Prof Dr H Akh Fauzi Aseri MA dan Drs H Rudy Ariffin -Gubernur Kalsel Periode 2005-2015.

Lalu alumni berprestasi sebagai pejabat di lembaga/kementerian RI yaitu Prof Dr H Abdul Hafiz Anshary (Ketua KPU RI), Drs M Ramli (Anggota DPD RI), Drs H M Thamrin MMPd (Sekretaris Inspektur Jenderal Kemenag RI), Drs H Sofyan Noor (Kepala Kanwil Kemenag Kaltim), Drs H Masrawan Mag (Kepala Kanwil Kemenag Kalteng), Drs H Noor Fahmi MM (Ka Kanwil Kemenag Kalsel), Drs H Abdul Wahid HK MM MSi (Bupati Hulu Sungai Utara) dan Prof Fahmi Arief (Ka Kanwil Kemenag Kalsel).

Selain itu, award juga diberikan kepada alumni yang berjasa dalam pelestarian budaya yaitu Drs Ahmad Barjie (Sejarahwan Kalsel) dan A Sya’rani (Budayawan Kalsel). Sedangkan untuk tenaga pendidik yaitu A Syawqi, Dr Ahmad Muradi dan Dr Wardani Mag.

Kemudian alumni yang mengabdi di desa tertinggal yaitu Drs A Husain (Staf KUA Kecamatan Pulau Laut), Ahmad Gazali (Penghulu Kecamatan Tebing Tinggi, Balangan) dan Drs Syaifuddin (Kepala KUA Pulau Laut Timur, Kotabaru).

Award Antasari juga diberikan kepada ulama yang berkiprah untuk pembinaan umat yaitu KH Husin Nafarin LC MA, KH Abidin Ja’far Lc MA dan Drs Murjani Sani MA.

Sedangkan penghargaan untuk media mitra pengabdian UIN Antasari diberikan kepada Duta TV dan RRI. Kemudian untuk mitra pemberi beasiswa juga diberikan penghargaan yaitu kepada Baznas Kalsel.

Terakhir penghargaan juga diberikan kepada mahasiswa berprestasi baik nasional maupun internasional yaitu Dina Adriani meraih penghargaan internasional, M Rizqon meraih penghargaan nasional, Sri Rahayu penghargaan nasional, Sofia Mawaddah penghargaan internasional, Dedy Cahyadi penghargaan nasional, Nuur Fadilah penghargaan nasional dan Sanggar Bahana Antasari penghargaan nasional.(Arief)

Reporter : Arief
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!