Tahura SA Lakukan Sosialisasi Karhutla di Dua Desa - Kanal Kalimantan
Connect with us

DISHUT PROV KALSEL

Tahura SA Lakukan Sosialisasi Karhutla di Dua Desa

Diterbitkan

pada

Tahura SA terus melakukan sosialisasi bahaya Karhutla Foto: Dishut

BANJARBARU, Demi pencegahan Karhutla, giat sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan terus dilakukan. Kali ini giat sosialisasi dilaksanakan di wilayah Tahura SA, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Desa Rantau Bujur dan Rantau Balai yang di komandoi oleh Kepala Tahura SA.

Dalam acara tersebut turut hadir Dinas Kehutanan Provinsi Kalsel, IPPKH (PT Adaro, PT Borneo Indo Bara, PT Banjar Sari, PT Inhutani II, CV Gelora Basamaya), Manggala Agni, Polsek Aranio, MPA Desa Rantau Balai, Tokoh dan Masyarakat Desa Rantau Balai dan Rantau Bujur.

Dalam sosialisasi tersebut Kepala Tahura menyampaikan beberapa hal yang penting untuk disampaikan. Dalam kurun waktu 2 bulan terakhir muncul beberapa kali Hotspot di Desa Rantau Balai dan sekitarnya, namun dapat diatasi dengan bail dan cepat oleh MPA.

Walaupun telah turun hujan namun kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran lahan masih terus di tingkatkan karena musim panas belum sepenuhnya lewat, kebakaran hutan dan lahan 90% disebabkan oleh faktor manusia (sengaja atau tidak sengaja) dan 10% oleh faktor alam. Kebakaran hutan dan lahan di Tahura merupakan kebakaran pada lahan mineral dengan sifat api cepat menyebar, untuk mengimbangi kecepatan penyebaran api dengan jumlah personil yang banyak dalam penangan kebakaran.

Keterlibatan masyarakat sangat mempengaruhi keberhasilan dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan, di Desa Rantau balai telah terbentuk MPA yang merupakan garda terdepan dalam pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan di Desa Rantau Balai dan sekitanya, walaupun telah terbentuk MPA namun peralatan untuk mendukung dalam pelaksanaan tugas dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan masing sangat terbatas. Diharapkan dengan giat sosialisasi ini, dapat menyadarkan masyarakat akan dampak karhutla sehingga dapat meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan.(rendy)

Reporter: Rendy
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan