Sempat Pingsan Saat Tiba di Bandara, Jamaah Haji Kloter 1 Ini Berpulang - Kanal Kalimantan
Connect with us

Kota Banjarbaru

Sempat Pingsan Saat Tiba di Bandara, Jamaah Haji Kloter 1 Ini Berpulang

Diterbitkan

pada

Jamaah haji yang pingsan setibanya di Bandara Syamsudin Noor akhirnya meninggal dunia. Foto : Rico

BANJARBARU, Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun. Seorang jamaah Haji Kelompok Terbang (Kloter) 1 Embarkasi Banjarmasin yang baru saja tiba di Kalimantan Selatan sore kemarin dinyatakan meninggal dunia, Kamis (30/8) sekitar pukul 21.00 Wita di Rumah Sakit Idaman Banjarbaru.

Sebelumnya telah diberitakan, setibanya Jamaah Haji Kloter 1 tiba di Bandara Syamsudin Noor, Panitia Ibadah Haji langsung merujuk 4 jamaah haji ke Rumah Sakit dikarenakan kondisi fisik yang kelelahan dan memiliki penyakit bawaan.

Bahkan ada diantara ke empat jamaah tersebut sampai terjatuh pingsan saat menuruni tangga pesawat. Pihak Panitia Ibadah Haji langsung menanggapi hal tersebut dengan membawa Jamaah kedalam Ambulance dan langsung diantar ke Rumah Sakit.

Namun rupanya-rupanya selang beberapa jam kemudian, jamaah tersebut dinyatakan meninggal dunia. Almarhum diketahui bernama Hj. Noor Aida asal Kota Banjarmasin. Kejadian ini dibenarkan adik ipar almarhum Evan saat dikonfirmasi kanalkalimantan melalui via whatsapp.

“Iya benar,” ucapnya singkat.

Belum jelas penyebab pasti dan penyakit apa yang diderita almarhum. Namun sebelumnya pada Kamis sore, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Prov Kalsel H Noor Fahmi menyampaikan dari monitoring Siskohat Kanwil Kemenag Kalsel per 30 Agustus 2018, jumlah jamaah yang telah meninggal dunia asal Kalsel bertambah.

“Dari data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) bahwa ada empat jamaah yang meninggal dunia pasca Armuzna dan jelang kepulangan ke tanah air, jamaah haji asal Kalimantan Selatan yang meninggal dunia di Mekkah bertambah empat orang,” jelasnya.

Noor Fahmi menambahkan bahwa para syuhada haji tersebut berpulang ke Rahmatullah pada hari dan tanggal yang sama. Yaitu tanggal 25 Agustus 2018 ada 2 orang dan 1 pada hari Rabu 29 Agustus 2018 dan 1 orang pada Kamis malam.

“Dari catatan kesehatan sebelumnya memang ada sakit yang dikeluhkan disamping juga faktor usia.  Ketiganya telah dimakamkan di pemakaman Shara’e Mekkah setelah disholatkan di Masjid Haram,” ungkapnya.

Dengan demikian, maka total jamaah haji yang telah meninggal dunia hingga saat ini berjumlah 6 orang dengan rincian 5 orang jamaah asal Kalsel dan 1 orang jamaah asal Kalteng.

“Kita do’akan untuk semua jamaah haji yang saat ini masih berada di Mekkah maupun Madinah diberikan kesehatan dan keselamatan hingga nantinya dapat berkumpul kembali dengan keluarga di tanah air,” pintanya.(rico)

DATA JAMAAH HAJI YANG MENINGGAL DUNIA:
1)      Nodiani Bahrani Kursani (54) Kloter Bdj 03 Asal Kota Banjarmasin, meninggal pada tanggal 28 Juli 2018 di Madinah karena Jantung dan tempat pemakaman Baqi.
2)      Aminuddin Muksarun Hamimuddin (65) Kloter Bdj 03 Asal Kab Hulu Sungai Tengah, meninggal pada tanggal 25 Agustus 2018 karena Asma dan tempat pemakaman Share’e Mekkah.
3)      Masdar Hamdi Badrun (63) Kloter Bdj 06 Asal Kab Tanah Bumbu, meninggal pada tanggal 25 Agustus 2018 karena Jantung dan tempat pemakaman Share’e Mekkah.
4)      Yuritae Alfris Yunike Alfrid (60) Kloter Bdj 12 Asal Kalimantan Tengah, meninggal pada tanggal 26 Agustus 2018 karena Jantung dan tempat pemakaman Share’e Mekkah.

 

5)      Asmah Lawi Syukur (59) beraalamat : Jl. Melati RT.02 RW.01 Kelurahan Bincau Martapura, meninggal pada tanggal 29 Agustus 2018 karena paru dan tempat pemakaman Share’e Mekkah.

 

6)      Nama : Hasan(68) Alamat Mangkayahu Paringin, meninggal tanggal 30 Agustus 2018 dan dimakamkan di Shar`e Mekkah
Reporter: Rico
Editor: Chell

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan