Connect with us

HEADLINE

Satgas Covid-19: Membiarkan Pasien Corona jadi Kebal Sendiri Adalah Keliru

Diterbitkan

pada

Ilustrasi Covid-19. Foto: Cottonbro from Pexels

KANALKALIMANTAN.COM, JAKARTA – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meluruskan bahwa kekebalan kelompok atau herd immunity bukan dicapai dengan membiarkan orang yang terinfeksi Covid-19 sembuh sendiri.

Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisamito menegaskan hal itu sudah ditetapkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia yang menyebut herd immunity hanya bisa tercapai jika vaksinasi terhadap sebagian besar populasi berhasil.

“Membiarkan orang sakit menjadi kebal dengan sendirinya, adalah keliru. Hal ini telah ditegaskan WHO (World Health Organization) sejak Oktober 2020,” kata Wiku dalam jumpa pers dari Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (28/1/2021).

Oleh sebab itu, Wiku meminta masyarakat selama pandemi belum selesai maka tetap harus menjalankan protokol kesehatan 3M; memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, serta terus memantau perkembangan terkini pandemi dari sumber terpercaya.



 

“Satu-satunya cara untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menekan angka penularan yang terjadi di masyarkaat dengan protokol kesehatan,” ucapnya.
Diketahui, kasus positif Covid-19 di Indonesia tembus satu juta orang atau tepatnya 1.012.350 orang pada Selasa (26/1/2021).

Angka kematian pasien Covid-19 di Indonesia bahkan juga mencetak rekor baru setelah terjadi penambahan 476 jiwa meninggal dunia pada Kamis (28/1/2021) hari ini, total 29.331 jiwa meninggal.
Di sisi lain, 842.122 orang dinyatakan sembuh dari virus Sars Cov-2 asal Wuhan, China tersebut. (suara.com)

Rwporter: suara.com
Editor : kk


iklan

Disarankan Untuk Anda

Paling Banyak Dibaca

-->