Riswandi : Kami Dukung Pemerintah Tak Keluakan Izin Amdal PT MCM - Kanal Kalimantan
Connect with us

Politik

Riswandi : Kami Dukung Pemerintah Tak Keluakan Izin Amdal PT MCM

Diterbitkan

pada

Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel Riswandi Foto : Mario

BANJARMASIN, Wakil rakyat Kalsel menegaskan mendukung penolakan aktivitas rencana izin pertambangan di Kabupaten HSU yang dimiliki PT Mantimin Coal Mining.

Sekretaris Komisi III DPRD Kalsel Riswandi mengaku, pihaknya sudah bertemu dengan Laskar Merah Putih yakni LSM perwakilan dari masyarakat yang menolak adanya aktivitas pertambangan di kawasan Pegunungan Meratus, karena besarnya risiko kerusakan lingkungan yang akan diakibatkan oleh kegiatan tersebut.

Apalagi Pegunungan Meratus merupakan rumah bagi banyak spesies flora dan fauna khas Kalimantan Selatan yang sudah seharusnya dijaga dan tidak ada pengrusakan melalui pertambangan maupun pembalakan liar.
Menurut Riswandi, ia mendukung keputusan dari Pemprov Kalsel dan Pemkab HST yang tidak akan menerbitkan dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) yang diperlukan oleh perusahaan tersebut untuk dapat melakukan aktivitas pertambangan.

Seperti diketahui pasca putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta memutuskan menolak gugatan Walhi Kalsel terhadap Menteri ESDM dan PT Mantimin Coal Mining atas terbitnya Surat Keputusan Menteri ESDM Nomor 441 tahun 2017.Putusan itu mengatur tentang penyesuaian tahap kegiatan PKP2B perusahaan PT Mantimin Cool Mining menjadi operasi produksi di Kabupaten Balangan, Tabalong dan Hulu Sungai Tengah. Sementara itu Walhi Kalsel menegaskan akan melakukan banding atas putusan tersebut yang mendapatkan dukungan dari banyak pihak termasuk eksekutif dan legislatif. (mario)

Reporter : Mario
Editor : Abi Zarrin Al Ghifari

Bagikan berita ini!
Advertisement

Headline

Trending Selama Sepekan